Kamis, 18 April 2024

WhatsApp akan Batasi Screenshot Foto Profil untuk Lindungi Privasi Pengguna

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi logo aplikasi WhatsApp yang terlihat di smartphone. Foto: Reuters

WhatsApp dikabarkan tengah melakukan pengetesan untuk pembatasan screenshot pada foto profil, sehingga bisa melindungi privasi pengguna.

Uji coba ini dilakukan  untuk mencegah kontak yang tidak sah untuk mencuri identitas pengguna tertentu.

Dikutip dari Antara pada Kamis (22/2/2024), fitur itu pertama kali diungkap oleh WABetaInfo yang menemukan pembatas screenshot pada aplikasi beta Android versi 2.24.4.25.

Hadirnya fitur ini masih terbatas pada beberapa pengguna beta terpilih dan baru akan diluncurkan secara lebih luas dalam beberapa minggu mendatang.

Dengan penerapan perubahan ini diharapkan ketika seseorang mencoba mengambil tangkapan layar gambar profil kontak, layar hitam akan muncul dengan pemberitahuan yang berbunyi: “Tidak dapat mengambil tangkapan layar karena pembatasan aplikasi.”

Bisa dibilang pembaruan ini didasarkan pada ketentuan yang telah diterapkan WhatsApp lima tahun lalu.

Ketentuan yang dimaksud adalah mencegah pengunduhan gambar yang tidak sah dengan menghilangkan kemampuan menyimpan foto profil pengguna lain secara langsung.

Meski fitur itu sebenarnya cukup baik, namun ternyata masih belum cukup untuk menghentikan beberapa pengguna yang tidak bertanggung jawab melakukan pencurian identitas atau menyimpan foto profil pengguna aslinya.

Beberapa ada yang mengakalinya dengan mengambil tangkapan layar gambar profil dan akhirnya foto profil tersebut bisa disimpan atau bahkan langsung disalahgunakan.

Kehadiran fitur pembatasan tangkapan layar tersebut seakan menjadi jawaban baru dari WhatsApp mengatasi modus itu secara langsung.

Jika fitur ini diluncurkan secara luas, maka akan menjadi solusi bagi pengguna yang menginginkan kontrol lebih baik atas privasi mereka termasuk dalam hal ini terkait dengan keamanan identitas foto profil mereka.

Meski begitu, pengguna harus menunggu dan bersabar hingga proses pengetesan aplikasi beta menunjukkan hasil yang baik.(ant/man/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
29o
Kurs