Kamis, 9 April 2020

46 Peserta Seleksi Komisioner KPU Lumajang Ikuti Tes Tulis

Laporan oleh Sentral FM Lumajang
Bagikan

Tahapan seleksi Calon Komisioner KPU Kabupaten Lumajang memasuki tes tulis yang dilaksanakan di Kampus Universitas Widya Gama Jl. Gatot Subroto, Rabu (30/4/2014). Tes ini diikuti 46 orang peserta yang sebelumnya lolos seleksi administrasi.

Kustiati, S.Sos, Sekretaris KPU Kabupaten Lumajang kepada Sentral FM mengatakan, dalam proses pemberkasan administrasi terdapat 57 peminat yang menyerahkan berkas administrasi kepada Tim Seleksi. “Setelah melalui proses pemeriksaan dan kelengkapan, akhirnya hanya 46 peserta yang dinyatakan lolos untuk mengikuti tes tulis hari ini,” katanya.

Sedangkan untuk 11 peserta yang dinyatakan tidak lolos, Kustiati menyatakan tidak mengetahui persis penyebabnya. Pasalnya, hal itu merupakan kewenangan dan ranah Tim Seleksi. “Yang jelas, Sekretariat KPU Kabupaten Lumajang dalam pelaksanaan seleksi ini hanya fasilitator saja,” paparnya.

Dari pantauan di lokasi seleksi, ke-46 peserta mengikuti tes tulis dengan pengawas dari Sekretariat KPU sejak pukul 08.00. Menariknya, diantara peserta terdapat 3 orang Komisioner KPU Kabupaten Lumajang petahana atau incumbent, masing-masing Yuyun Baharita, A.Ma.Pd, Nur Ismandiana, SH dan Pudholi Sandra, SH. MH ikut bersaing dalam seleksi ini.

Tidak hanya itu saja, Drs Abdul Kohar mantan Sekretaris KPU juga ikut dalam proses seleksi Komisioner KPU yang akan bertugas menyelenggarakan Pemilu 5 tahun ke depan di Kota Pisang ini. Selain itu, Komisioner Panwaslu Hisbullah Huda, SH juga menjadi salah-satu peserta.

Termasuk juga, sejumlah anggota PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan), anggota Panwascam, sejumlah jurnalis, dosen dan bahkan dari kalangan aktivis. Secara keseluruhan pelaksanaan tes tulis kali ini berjalan lancar, dengan pengamanan ketat aparat Polres Lumajang. “Pelaksanan tes tulis lancar dan aman dengan koordinasi Polres Lumajang,” terang Kustiati.

Selanjutnya, setelah melalui tahapan tes tulis, peserta akan menjalani tes kesehatan yang akan dilaksanakan, Kamis (1/5/2014), di RSU dr Soebandi Jember. Setelah itu, peserta akan menjalani psikotes di Lumajang pada 4 dan 5 April mendatang.

“Kemudian, hasilnya akan diseleksi oleh Tim Seleksi KPU Kabupaten Lumajang dan diputuskan melalui Rapat Pleno. Hasilnya, akan ditentukan 20 nama terbaik yang nantinya akan mengikuti seleksi di KPU Jatim,” demikian pungkas Kustiati.

Sementara itu, AKP Sugianto Kasubag Humas Polres Lumajang mengatakan, untuk pengamanan seleksi ditempatkan 10 orang personil. Tidak hanya pengamanan di lokasi saja, personil pengamanan juga melakukan pengawalan terhadap naskah tes tulis yang diambil dari KPU Jatim hingga tiba di Kabupaten Lumajang.

“Naskah tes tulis ini, sempat kita amankan di Mapolres Lumajang dan baru didistribusikan sebelum pelaksanaan tes tulis dilaksanakan. Secara keseluruhan tidak ada hambatan dan kendala. Semuanya lancar,” kata AKP Sugianto. (her/ipg)

Teks Foto :
– Peserta seleksi Komisioner KPU Kabupaten Lumajang mengikuti tes tulis di Kampus Universitas Widya Gama.
Foto : Sentral FM

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan di Tol arah Ngawi KM 669

PJU roboh di Flyover Waru

Kecelakaan di bawah Layang Waru

Banjir di Blega, Bangkalan

Surabaya
Kamis, 9 April 2020
26o
Kurs