Minggu, 2 Juni 2024

Disperindag Lumajang Tera Ulang Timbangan Pedagang

Laporan oleh Sentral FM Lumajang
Bagikan

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Lumajang melakukan uji tera ulang terhadap timbangan manual yang banyak dioperaisonalkan para pedagang di pasar tradisional Kabupaten Lumajang. Tera ulang ini dilakukan di 3 Pasar Tradisional, yakni Pasar Kecamatan Sukodono, Pasar Kecamatan Candipuro dan Pasar Kecamatan Senduro.

Drs Agus Eko Kepala Disperindag Kabupaten Lumajang kepada Sentral FM, Senin (10/11/2014) mengatakan, tera ulang timbangan manual di 3 pasar tradisional wilayah Kabupaten Lumajang ini dilakukan secara bertahap sejak 3 hari terakhir.

“Kegiatan ini, sengaja dilakukan untuk memastikan keakuratan timbangan pedagang. Selain itu, Disperindag melakukan evaluasi terhadap timbangan yang digunakan pedagang di pasar,” katanya.

Menurut Agus Eko, hal ini dilakukan agar evaluasi mendadak ke pasar-pasar tidak diketahui oleh para pedagang maupun pihak lain sehingga tidak ada rekayasa. Di samping itu Disperindag ingin mengetahui secara nyata di lapangan.

“Yang penting niat kita baik untuk melindungi konsumen,” terangnya.

Lanjutnya, untuk saat ini dilakukan pengukuran alat timbang milik para pedagang, sebagian alat timbang mereka banyak yang tidak sama atau tidak sesuai lagi.

“Dengan alat ukur yang kita pakai, kelihatan betul timbangan yang mereka pakai sudah ada yang tidak sama lagi karena mengalami pergeseran, karena berkarat dan sebab-sebab lainnya. Tapi selisihnya cuma nol koma sekian persen,” pungkasnya.

Hanya saja, jumlah timbangan yang harus ditera ulang tidak lebih dari 30 persen. Dirinya, tidak mau menuding ada unsur kesengajaan atau kesalahan pedagang atas ketidak samaan alat timbang tersebut.

“Selama pos ukur ulang dilakukan, masih ditemukan pedagang yang Ukuran Timbang dan Takarannya (UUT) belum tepat. Namun ini semata-mata hanya karena faktor kesalahan teknis saja. Seperti rusaknya alat ukur akibat karat dan lain-lain, tidak ada unsur kesengajaan dari pedagang,” terangnya.(her/ono/ipg)

Teks Foto :
– Drs Agus Eko Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Lumajang.
Foto : Sentral FM

Berita Terkait

..
Surabaya
Minggu, 2 Juni 2024
29o
Kurs