Senin, 6 April 2020
Polres Lumajang

Gelar Penandatanganan Komitmen Pemilu Aman dan Damai

Laporan oleh Sentral FM Lumajang
Bagikan

Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Kabupaten Lumajang bersama jajaran KPU dan Panwaslu selaku penyelenggara Pemilu, seluruh Parpol (Partai Politik) peserta Pemilu serta jurnalis, berkumpul di Stadion Semeru Lumajang. Seluruh elemen yang hadir dalam kegiatan ini, menandatangani Komitmen Bersama Pemilu Aman dan Damai.

DR H Sjahrazad Masdar, MA Bupati Lumajang, Drs H As’at Malik, Mag Wakil Bupati, AKBP Singgamata Kapolres, Letkol Inf Akhyari Dandim 0821, Sudianto, SH Kepala Kejaksaan Negeri, Ketua PN, KPU, Panwaslu, Parpol peserta Pemilu membubuhkan tanda-tangan di baliho besar yang telah disediakan dan dipampang di sana.

Hanya saja, H Agus Wicaksono, Ssos Ketua DPRD tidak hadir dalam kegiatan ini. Setelah menanda-tangani dan merapatkan barisan sambil bergandengan, secara bersamaan seluruh elemen melepas balon dan merpati sebagai tanda komitmen bersama untuk melaksanakan Pemilu yang aman dan damai di Kota Pisang ini.

Kapolres Lumajang mengajak seluruh elemen untuk merapatkan barisan guna mendukung suksesnya Pemilu. Perwira Menengah (Pamen) asal Sumatera Barat ini mengatakan, kegiatan ini akan dilanjutkan dengan olahraga bersama. Yakni, senam bareng dan sepakbola. “Saya sangat berharap, dengan olahraga bersama, maka tubuh akan sehat. Dengan sehat, maka segala kegiatan bisa kita laksanakan sebaik-baiknya,” katanya kepada Sentral FM, Sabtu (22/2/2014).

Selain itu, kegiatan tersebut digelar untuk mencairkan suasana dan mengakrabkan berbagai elemen menjelang Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden mendatang. Melalui olahraga bersama, semua unsur yang ada di Kabupaten Lumajang bisa merapatkan barisan dan menjalin komitmen bersama untuk menciptakan Pemilu yang aman dan damai.

“Untuk menumbuhkan kebersamaan ini, kita mulai dari desain dan warna kaos olahraga yang menggambarkan netralitas. Kita ada dibawah naungan merah-putih, sesuai jiwa kita bersama dengan semangat nasionalisme Bangsa dan Negara Indonesia. Jadi kalau warnanya biru, dikira mendukung biru. Jika desainnya kuning, dikira mendukung kuning. Demikian pula jika merah,” tegasnya.

Sebagai perwujudan Pemilu yang aman dan damai di Kabupaten Lumajang, AKBP Singgamata meminta, agar ketika terjadi permasalahan untuk menempuh mekanisme dan jalur yang telah tersedia. “Tidak dengan cara-cara yang anarkhis yang justru meributkan warga Lumajang secara umum,” pungkas Kapolres Lumajang.

Selanjutnya, As’at Malik Wakil Bupati mengatakan, Pemkab Lumajang mendukung inisiatif Kapolres Lumajang untuk mengumpulkan berbagai elemen, baik pemerintah, penyelenggara Pemilu, Parpol dan aparat keamanan dalam rangka mewujudkan Pemilu yang damai dan aman.

“Siapapun yang nanti akan mendapatkan suara terbanyak, diharapkan membangun masyarakat Lumajang yang sejahtera dan bermartabat,” demikian kata Wabup yang dilanjutkan dengan berpantun. Setelah itu, olahraga bersama pun dimulai. Awalnya, seluruh yang hadir diajak senam bersama dengan panduan instruktur. Setelah itu, sepakbola antar berbagai elemen digelar.

Sementara itu, Yuyun Baharita, A.Ma.Pd Komisioner KPU Kabupaten Lumajang menyampaikan, inisatif penanda-tanganankomitmen bersama Pemilu Aman dan Damai yang dilaksanakan kali ini, merupakan upaya positif bagaimana mendidik berbagai elemen untuk menjalankan cara-cara berdemokrasi yang baik.

“Berkenaan dengan kegiatan ini, tentu kami mendukung. Bahkan, kami selaku penyelenggara Pemilu sangat berterima kasih sekali karena Polres Lumajang bisa menggagas dan menggelar kegiatan ini. Untuk itu, ke depan saya berharap pelaksanaan Pemilu bisa terlaksana dengan sukses sesuai harapan bersama,” kata Yuyun Baharita. (her/tok)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Korban Rumah Roboh di Ketintang

Trailler Tabrak Pembatas Jalan di Tol

Mobil Terbakar di Karah Indah 1

Surabaya
Senin, 6 April 2020
26o
Kurs