Selasa, 24 November 2020

KPU Lumajang Siapkan TPS Keliling untuk Tahanan dan Pasien RS

Laporan oleh Sentral FM Lumajang
Bagikan

KPU Kabupaten Lumajang akan menyiapkan TPS (Tempat Pemungutan Suara) keliling untuk tahanan di Mapolres Lumajang maupun pasien di berbagai Rumah Sakit (RS) yang dikoordinasikan dengan KPPS terdekat.

Hal ini disampaikan Yuyun Baharita, A.Ma.Pd Komisioner KPU Kabupaten Lumajang kepada Sentral FM, Selasa (8/4/2014).

Saat ini KPU Kabupaten Lumajang tengah melakukan koordinasi dengan Lapas, Polres maupun Rumah Sakit. Dimana, untuk rumah Sakit di Kabupaten Lumajang ini jumlahnya cukup banyak baik RS pemerintah maupun swasta.

“Kita masih komunikasikan. Yang jelas hari H pemungutan suara nanti, areal ini sudah bisa tercover TPS keliling,” kata Yuyun Baharita.

Dari koordinasi yang dilakukan, KPU meminta jumlah narapidana dan tahanan yang berasal dari Lumajang maupun dari luar daerah yang memiliki hak pilih untuk didata.

“Kita data semua narapidana dan tahanan dari luar daerah untuk kita koordinasikan dengan KPU daerahnya. Bahwa ada warganya yang saat ini tengah meringkuk di Lapas atau tahanan Polres di Lumajang agar bisa dicover. Kalau kemudian mereka memilih di Lumajang, maka harus melengkapi persyaratannya,” paparnya.

Sedangkan, untuk tahanan dan narapidana asal Lumajang yang saat ini meringkuk di Lapas atau kepolisian di berbagai daerah juga dicek oleh KPU. Agar, hak konstitusional mereka bisa tersalurkan sesuai amanah perundang-undangan. “Kita cek semuanya dengan bantuan teman-teman KPU di daerah yang lain,” ujar dia.

Sementara untuk Rumah Sakit yang mobilitasnya tinggi, karena pasien dan keluarga pasien bisa masuk dan keluar RS sewaktu-waktu, tentu pelaksanaannya harus memenuhi syarat.

“Pasien dan keluarganya kita syaratkan membawa form A5 yang bisa diurus di PPS-nya. Untuk TPS keliling nanti akan dicover TPS terdekat yang akan berkeliling 1 jam sebelum waktu pemungutan suara ditutup,” pungkas dia. (her/dwi)

Teks Foto :
– Yuyun Baharita, A.Ma.Pd Komisioner KPU Kabupaten Lumajang
Foto : Sentral FM.

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Pohon Tumbang Menutup Jalan Utama Bangkalan Kota

Truk Tabrak Tiang Listrik di Pandaan

Serikat Pekerja Blokir Basuki Rahmat Surabaya

Serikat Pekerja Demo di Surabaya

Surabaya
Selasa, 24 November 2020
28o
Kurs