Minggu, 31 Mei 2020

Tompi Ajak Musisi Muda Angkat Budaya Indonesia Lewat Lagu

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Tompi Project adalah satu dari sejumlah performer di Bistar Jazz Traffic Festival 2019 yang sangat ditunggu-tunggu. Foto: Bistar Jazz Traffic Festival 2019

Tompi, penyanyi, mengajak musisi generasi muda untuk berani mengangkat budaya Indonesia untuk disematkan ke dalam lagu-lagunya.

Melalui siaran konser amal secara virtual, Sabtu (9/5/2020) malam, ia berpendapat saat ini musisi muda kerap terjebak dengan gaya lagu-lagu barat, seperti Amerika Serikat.

“Sering anak-anak milenial sekarang terjebak dengan musik seperti (gaya) Amerika,” kata Tompi seperti dilansir Antara.

Namun, penyanyi yang juga seorang dokter itu tak menampik bahwa hal tersebut lumrah untuk dilakukan sebagai bentuk mencari referensi yang lebih luas tentang gaya bermusik.

“Itu bagus buat referensi, tapi jangan lupakan juga, kita punya khasanah musik yang cukup kaya,” ujar Tompi.

Ia menambahkan, bumbu dan gaya Asia pun kerap dijumpai di beberapa karya dari musisi barat. Menurut dia, hal tersebut bisa dijadikan dorongan musisi Indonesia untuk berani menyematkan dan mempromosikan budayanya lewat lagu.

“Yang harus diyakini adalah suatu hal yang berbeda itu gampang diingat. Kalau kerjain musik R&B, susah buat bersaing di sana, tapi coba bawain jaipong pasti orang luar akan berpikir, ‘wah apa nih’,” kata personel Bali Lounge itu.(ant/iss)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Rahmat Wahyu Robbani

Potret NetterSelengkapnya

Banjir di Tambak Sawah

Pohon Tumbang di Exit Tol Dupak

Kepadatan di Pasar Wadungasri

Truk Muat Jeruk Terguling

Surabaya
Minggu, 31 Mei 2020
29o
Kurs