Rabu, 29 Mei 2024

Hati-Hati di Jalan, Tulus Menunggu di NJTF 2022

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Tulus line up artis di Navy Jazz Traffic Festival 2022. Grafis: Didik suarasurabaya.net

Salah satu single dalam album Manusia karya ‘Tulus’ solois ternama Indonesia yang berjudul ‘Hati-hati di Jalan’ berhasil menembus tangga lagu Billboard Global 200.

Selain itu, lagu ‘Hati-hati di Jalan’ juga berhasil masuk ke Top 50 Spotify Global setelah dirilis pada Maret lalu, dengan jumlah streaming mencapai lebih dari satu 1.450.000 kali didengarkan.

Prestasi tersebut, menjadi penguat bahwa dukungan terhadap karya musisi Tanah Air sangat besar.

Atas pencapaian ini, musisi dengan nama asli Muhammad Tulus Rusydi tersebut mengaku senang. Ia berharap seluruh lagu dalam album Manusia bisa terus didengarkan di masa mendatang.

“Semoga seluruh lagu dalam album ini dapat terus tumbuh di hati semua yang mendengarkan di sepanjang-panjangnya waktu. Warna musik yang baru di album ini merupakan hasil kolaborasi dengan ratusan talenta,” ungkap Tulus dilansir dari situstulus.com

Album ‘Manusia’ sendiri dirilis bertepatan dengan perayaan 10 tahun Tulus berkarya di industri musik.

Album ini dirilis bersamaan dengan musik video “Tujuh Belas,” nomor pembuka yang segera disusul 9 lagu lainnya. Ragam ilustrasi visual juga sudah dipersiapkan untuk terus mengembangkan derap langkah perjalanan karya Tulus dalam bermusik.

Lagu ‘Hati-hati di Jalan’ yang dibawakan Tulus sendiri, akan menjadi salah satu momen yang paling ditunggu dalam penampilannya pada gelaran Navy Jazz Traffic Festival (NJTF) di Villa Navy Residence, Lawang, Kabupaten Malang, 14 Mei 2022 mendatang.

Penampilan itu, akan menjadi kali ketiga Tulus secara beruntun berpartisipasi dalam gelaran yang kali ini melibatkan Koarmada II, berkolaborasi dengan Suara Surabaya Media.

Sebelumnya, Tulus pernah berpartisipasi dalam gelaran Jazz Traffic ke delapan di Grand City Surabaya pada tahun 2018, serta gelaran ke sembilan di Atlantis Land Kenjeran Surabaya pada tahun 2019.

Tulus semakin senang dan menjawab penasaran merasakan tempat baru di Bistar Jazz Traffic Festival 2019. Foto: Bistar Jazz Traffic Festival 2019

Penampilan Tulus dalam gelaran Navy Jazz Traffic Festival 2022 sendiri, sudah lama dinantikan oleh pembeli tiket sejak dibukanya tiket presale NJTF pada Maret lalu.

Banyak pembeli tiket yang sebelumnya sudah menduga-duga bahwa Tulus akan salah satu pengisi dalam gelaran tersebut.

Selain Tulus, Navy Jazz Traffic Festival 2022 akan menampilkan sederet musisi papan atas, yakni Dewa 19 feat Virzha juga, Padi Reborn, Reza Artamevia, serta sejumlah artis lainnya.

Selain konser musik, gelaran produk UKM Jawa Timur dan creative market, Navy Jazz Traffic Festival juga akan menghadirkan kejutan lain, yakni pameran Alutsista TNI AL, demonstrasi Aeorobatik Bonanza Puspenerbal dan penerjunan pasukan khusus TNI AL.

Tentang Jazz Traffic

Jazz Traffic sendiri awalnya adalah program siaran di Radio Suara Surabaya yang sudah mengudara sejak tahun 1983. Bahkan, Bubi Chen sang virtuoso musik jazz internasional dari Surabaya pernah terlibat dalam siaran Jazz Traffic sejak tahun 1985 sampai akhir hayatnya pada tahun 2012.

Saat ini, siaran Jazz Traffic tidak hanya memperdengarkan komposisi-komposisi jazz, tapi juga mengenalkan sub genre Jazz Tradisional, Free Jazz, hingga Jazz Kontemporer. Selama 37 tahun mengudara, Jazz Traffic telah membentuk komunitas-komunitas jazz yang solid, tidak hanya di Kota Surabaya, tapi juga kota-kota lain di Indonesia.

Program Jazz Traffic yang dibidani Errol Jonathans ini, lantas diabadikan dalam sebuah acara live performance para musisi jazz Indonesia bertajuk Jazz Traffic Festival (JTF).

Event Jazz Traffic Festival tahun ini merupakan gelaran kesepuluh kalinya sejak tahun 2011, setelah sempat vakum pada tahun 2020 dan 2021 karena pandemi Covid-19. (bil/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Rabu, 29 Mei 2024
32o
Kurs