Kamis, 18 Agustus 2022

Statistika Unair Sebut Kasus Kriminal Paling Sering Terjadi Hari Jumat

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Jurusan Statistik Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga Surabaya saat kunjungan ke Suara Surabaya Centre, Jumat (8/7/2022). Foto: Dimas Ayuna suarasurabaya.net

Statistika Universitas Airlangga menyebutkan kalau kasus kriminal paling sering terjadi adalah pada hari Jumat.

“Saya bisa menyimpulkan fakta unik bahwasanya kasus kriminalitas yang dilaporkan di Suara Surabaya (SS) hari Jumat itu tinggi-tingginya karena Sabtu-Minggu perbankan tutup. Kalau mau ngurus harus tunggu Senin penipunya pinter ambil hari yang mepet,” kata Muhammad Faris Dosen Statistik di Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga Surabaya saat kunjungan ke Suara Surabaya Centre, Jumat (8/7/2022).

Faris yang datang ke Suara Surabaya bersama puluhan mahasiswa semester 6 Statistik Unair mengatakan, kunjungan hari ini untuk mengetahui dinamika media dari waktu ke waktu karena ada mata kuliah yang relate.

“Kami ada mata kuliah analisis runtun waktu terkait prediksi. Kalau prediksi di kami datanya kuantitatif, kalau bicara perkembangan lebih ke kualitas. Kami ingin mendapatkan insight perkembangan, untuk studi kasus yang kualitatif kami ambil contoh di media dan yang relate SS,” jelasnya.

Jurusan Statistik Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga Surabaya saat kunjungan ke Suara Surabaya Centre, Jumat (8/7/2022). Foto: Dimas Ayuna suarasurabaya.net

Ia juga menyampaikan, banyak data statistik yang disampaikan Suara Surabaya yang kemudian bisa menjadi bahan analisa para mahasiswa ini. Seperti laporan kecelakaan yang kemudian dapat dipetakan klaster atau wilayahnya.

Juga tentang pendengar yang sekarang mulai menyasar generasi muda.

“Kita bisa klasifikasi apa sih motivasi pendengar muda mendengar Suara Surabaya,” kata pria berkaca mata ini.

Aulia Rahma Firdausi salah satu mahasiswi dalam kunjungan tersebut mengatakan, ia dan kawan-kawannya ingin berbagi implementasi data statistika melalui SS yang selama ini diperoleh di kampus.

“Data bisa membantu, ada materi yang menjelaskan antrean lampu merah bisa dihitung menitnya. Ini bisa membantu agar lampu merah berjalan sesuai aturannya agar tidak saling bertabrakan,” pungkasnya.(dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Kamis, 18 Agustus 2022
26o
Kurs