Sabtu, 27 April 2024

Koarmada II Akan Gandeng SS Media Gelar Event Kemanusiaan dan Keamanan Maritim

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Kolonel Laut (P) Ardi Sunaryo Kepala Dinas Penerangan Komandan Armada II Angkatan Laut (Kadispen Koarmada AL) kunjungan ke Suara Surabaya Media pada Kamis (26/1/2023). Foto: Ihza (mg) suarasurabaya.net

Kolonel Laut (P) Ardi Sunaryo Kepala Dinas Penerangan Komandan Armada II Angkatan Laut (Kadispen Koarmada AL) melakukan kunjungan pertamanya di Suara Surabaya Media (SS Media), Kamis (26/1/2023).

Ardi menyebut kalau ke depan, akan banyak kegiatan Koarmada II yang difokuskan khususnya untuk misi kemanusiaan dan keamanan maritim, dengan menggandeng SS Media.

Salah satunya, dalam waktu dekat akan ada event Multilateral Naval Excercise (MNEK) yang digelar di bulan Juni 2023. Kegiatan multi level excercise ini bahkan sudah dirapatkan mulai Rabu (25/1/2023) lalu.

Ardi menambahkan, event tersebut sudah memasuki pelaksanaan keempat dengan fokus berupa misi kemanusiaan dan keamanan maritim, yang akan diikuti oleh 48 negara peserta.

“Kegiatan tersebut sudah lama dilaksanakan, penanggulangan bencana termasuk yang akan ada di dalamnya,” terangnya.

Namun, Ardi menegaskan kalau kegiatan tidak akan fokus melulu pada tema kemanusiaan dan keamanan maritim. Koarmada II juga akan melaksanakan kegiatan seni dan budaya.

“Kegiatan seni dan budaya pasti akan ada setiap tahun,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Ardi menambahkan kalau Koarmada II baru saja memberangkatkan kapal REM menuju latihan bersama berjudul, Aman Excercise yang diprakarsai Angkatan Laut Pakistan. Dalam misi tersebut, Kapal REM membawa budaya-budaya khas Indonesia untuk diperkenalkan di dunia.

“Nanti juga ada KRI Bima Suci yang akan melakukan misi diplomasi untuk mengenalkan budaya Indonesia di dunia. Dan misi seperti itu setiap tahun dilaksanakan, termasuk kapal-kapal kita yang latihan di luar negeri pasti membawa misi itu.” kata Ardi.

“Karena salah satu fungsi Angkatan Laut adalah diplomasi, jadi salah satunya adalah memperkenalkan budaya Indonesia ke dunia,” pungkasnya. (ihz/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
28o
Kurs