Jumat, 26 April 2024

Pagelaran Seni dan Sejarah Bangsa Koarmada II, Kenang Pertempuran Surabaya 1945

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Demo kolone senapan dan peragaan seragam dinas TNI AL, Jumat (2/12/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Koarmada II TNI AL mengadakan pagelaran seni dan sejarah bangsa, Jumat (2/12/2022) malam untuk mengenang pertempuran Surabaya 1945. Pagelaran ini sekaligus memperingati Hari Armada.

Selain dalam rangka Hari Armada yang jatuh pada tanggal 5 Desember 2022 mendatang, pagelaran yang diselenggarakan di Dermaga Ujung Komando Armada (Koarmada) II Surabaya itu juga memperingati Hari Pahlawan 10 November lalu.

Usai penampilan Tari Tor-Tor dan Tari Sekar Arum sebagai pembuka, dilanjutkan dengan demo kolone senapan dan peragaan seragam dinas TNI AL.

Pencanangan Kota Surabaya jadi Kota Angkatan Laut dilakukan Pangkoarmada II bersama perwakilan Pemkot Surabaya dan Pemprov Jatim, Jumat (2/12/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Aksi itu sekaligus seremonial persembahan pada Pangkoarmada II saat akan sambutan. Acara dibuka resmri oleh Laksda TNI Dr. T.S.N.B. Hutabarat Pangkoarmada Il.

Dilanjutkan pemutaran video panjang mapping pencanangan Kota Surabaya menjadi Kota Angkatan Laut.

“Atas nama Kepala Staf Angkatan Laut, saya canangkan Surabaya kota pahlawan dan kota angkatan laut,” ujar Hutabarat.

Pangkoarmada II bersama personel TNI AL lain menutup acara dengan berjoged bersama, Jumat (2/12/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Diharapkan, pertempuran Surabaya 1945, di mana para pemuda Indonesia berperang melawan tentara Belanda, ditandai dengan insiden perobekan Bendera Merah Putih Biru di atas Hotel Yamato pada 19 September 1945, bisa memberi semangat para prajurit TNI.

Prajurit diharapkan mempelajari sejarah dan
menghormati para pahlawan dalam mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pagelaran ditutup tarian jenaka oleh Didik Ninik Thowok juga pertunjukan musik komedi ole Wawan Teamlo, dan Paduan Suara Gabungan TNI AL wilayah Surabaya. (lta/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs