Kamis, 2 Mei 2024

Ramadhan, Pegadaian Kanwil 8 Jatim Siapkan Dana Rp 2 Triliun

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Aktivitas transaksi perhiasan emas di Pegadaian Dinoyo, Surabaya. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Masyarakat tak perlu khawatir untuk memperoleh dana pinjaman dari PT Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah 8 Jawa Timur sehubungan dengan Ramadhan dan Idul Fitri, karena disiapkan dana lebih Rp 2 triliun.

Sejak awal Ramadhan lalu trend peningkatan permintaan dana pinjaman memang sudah berlangsung hampir di seluruh kantor cabang Pegadaian Jatim.

“Kalau dibandingkan tahun lalu, Ramadhan tahun ini sepertinya terjadi peningkatan dana pinjaman. Itu sudah terjadi sejak awal Ramadhan lalu. Oleh karena itu tahun ini kami naikkan sekitar Rp 700 miliar dana pinjaman untuk masyarakat,” ujar Rita Hilmi Azis Humas PT Pegadaian (Persero) Kanwil 8 Jatim pada suarasurabaya.net.

Dengan tambahan dana pinjaman sekitar Rp 700 milliar tersebut, maka dana pinjaman tahun ini khususnya untuk Ramadhan dan Idul Fitri meningkat.

Rita memprediksi peningkatan dana pinjaman yang terjadi sejak awal Ramadhan itu terjadi lantaran peningkatan kebutuhan masyarakat berkaitan selain Ramadhan dan Idul Fitri juga bertepatan dengan tahun ajaran baru.

“Kebutuhan dana segar menjadi meningkat. Ramadhan, Idul Fitri sekaligus untuk tahun ajaran baru. Ketiga momen penting tersebut terjadinya hampir bersamaan, oleh karena itu kebutuhan meningkat,” tambah Rita.

Sementara itu, berdasarkan catatan yang ada, barang jaminan terbanyak yang mendominasi di pegadaian hingga saat ini adalah jenis perhiasan emas. Ini terkait dengan kemudahan jenis perhiasan emas yang memang harganya fluktuatif.

“Catatan kami barang jaminan di pegadaian hingga Rabu (1/7/2015) didominasi perhiasan emas. Sampai menjelang Idul Fitri sepertinya barang jaminan perhiasan emas ini paling banyak,” pungkas Rita.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
33o
Kurs