Senin, 17 Juni 2024

Google Maksimalkan Aplikasi Bagi Pengguna saat Ramadhan

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Putri Silalahi Kepala Komunikasi Produk Google Indonesia di Hotel Town Square, Kamis (9/6/2016).

Google telah memaksimalkan beberapa aplikasi agar bisa menjadi asisten pengguna saat menjalani ibadah di Bulan Suci Ramadhan 1437 Hijriah.

Putri Silalahi Kepala Komunikasi Produk Google Indonesia mengatakan, sebenarnya aplikasi Google Apps, Google Maps, dan Youtube bukan hal baru.

“Kenapa aku milih tiga aplikasi ini, karena google trends menunjukkan pencarian seputar Ramadhan memang menggunakan ketiga aplikasi itu,” katanya.

Seminggu terakhir, kata Putri, google trends menunjukkan aktivitas pencarian berkaitan dengan tradisi dan rutinitas di bulan Ramadhan.

“Misalnya menu-sahur-praktis, tips-wisata-saat-puasa, hingga playlist-video-saat-ngabuburit,” ujarnya kepada suarasurabaya.net, di Hotel Town Square Surabaya, Kamis (9/6/2016).

Google Apps dikembangkan memang untuk membantu pengguna dalam mencari resep, atau menemukan masjid terdekat, dengan cara lebih cepat. Hanya dengan perintah suara.

Google juga telah mengembangkan fitur offline YouTube agar pengguna dapat menonton video sambil ngabuburit, tanpa koneksi internet.

Fitur offline di Google Maps, menurut Putri, justru merupakan fitur yang belum banyak diketahui oleh pengguna. Melalui fitur offline itu, pengguna bisa menggunakan google maps untuk navigasi perjalanan tanpa koneksi internet.

“Cukup dengan mendownload peta kota yang dituju. Navigasi dengan google maps tetap bisa jalan tanpa internet,” katanya.(den/rst)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 17 Juni 2024
27o
Kurs