Kamis, 28 Maret 2024

Malam 23 Ramadhan, Masjid Al-Akbar Dipenuhi Jamaah Qiyamullail

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Kekhusyukan ibadah di malam 21 di masjid Al Akbar Surabaya kemarin malam. Foto: Bruriy/ Dok suarasurabaya.net

Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya dipenuhi jamaah Qiyamullail di malam 23 Ramadhan. Masjid di lantai satu sudah penuh hingga ke lantai 2, dipenuhi jamaah yang ingin i`tikaf, shalat tahajjud dan berzikir.

Helmi Muhammad Nur Humas Masjid Al Akbar Surabaya mengatakan, di malam 23 Ramadhan masjid dipenuhi jamaah. Para jamaah membludak melebihi jumlah jamaah saat shalat Jumat.

“Sekarang ini benar-benar membludak. Lantai satu sudah penuh, sekarang beranjak ke lantai 2. Jumlahnya dua kali lipat dari jamaah shalat Jumat biasanya,” katanya kepada Radio Suara Surabaya Minggu (18/6/2017) dini hari.

Shalat malam dan dzikir dimulai pukul 01.15 WIB. Namun, para jemaah terus mengalir dari berbagai daerah menuju masjid Al Akbar. Helmi mengatakan, parkiran di halaman masjid hampir penuh.

“Kami sudah koordinasi lintas sektoral dengan Polsek Jambangan dan Polsek Gayungan untuk pengamanan jamaah. Perkiran kalau penuh di dalam bisa di luar dengan pengaturan lalu lintas,” katanya.

Saifullah Yusuf Wakil Gubernur Jatim juga hadir di tengah-tengah lautan umat muslim yang sedang Qiyamullail di malam 23 Ramadhan di Masjid tersebut.

“Iya ini saya melihat sendiri semangat umat melaksanakan qiyamullail. Semua datang ke sini bermuara pada satu tujuan yaitu Allah SWT sebagai penolong kita. Di sini kita serahkan semua urusan kepada Allah,” katanya.

Gus Ipul bersyukur masih diberi kesempatan oleh Allah masih bertemu bulan Ramadhan yang penuh pengampunan.

“Alhamdulillah masih bisa bertemu bulan ramadhan, masih bisa shalat malam. Sekarang ini banyak sekali jamaahnya di sini. Cuacanya juga mendukung, tempatnya luas,” katanya.

Gus Ipul mengatakan, semua yang datang ke Masjid untuk berdoa. Baik berdoa untuk urusan sendiri, keluarga, saudara serta untuk bangsa dan negara.

“Semoga Allah menjaga Indonesia dan menurunkan rahmat-Nya agar semua masalah teratasi. Dari awal dulu kita percaya bisa merdeka berkat Rahmat Allah SWT,” katanya. (bid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs