Selasa, 23 April 2024

Menag Optimis Idul Fitri Berlangsung Serentak

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Ilustrasi. Desain grafis: Purnama suarasurabaya.net

Lukman Hakim Syaifudin Menteri Agama menegaskan, pemerintah akan mengumumkan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 H setelah melakukan rukyatul hilal atau melihat bulan dan sidang Isbat pada Jumat (23/6/2017).

Sidang isbat yang dipimpin oleh menteri agama akan menetapkan hari raya Idul Fitri jatuh pada hari Sabtu atau Minggu.

Sidang isbat akan diikuti MUI, DPR RI, Duta besar negara negara Islam dan ormas Islam.

Dalam pesan singkatnya yang dikirim dari Arab Saudi, Lukman menjelaskan dalam menetapkan awal Ramadhan maupun Idul Fitri pemerintah menggunakan metode hisab dan rukyat sesuai dengan fatwa MUI.

Hisab hanya akan dijadikan pengantar untuk melakukan rukyatul hilal. Ini berdasarkan sunnah Rasul yang menyebutkan berpuasalah kamu setelah melihat bulan dan berhari rayalah kamu setelah melihat bulan.

Mengenai sikap Muhammadiyah yang telah menetapkan Idul Fitri 1 Syawal 1438 H atau jatuh pada hari Minggu (25/6/2017), Menag mengatakan tidak ada masalah.

Menteri berharap tidak ada perbedaan artinya hari raya akan berlangsung serentak. Tapi kalau sampai terjadi perbedaan Menag minta jangan diributkan.

“Metode pemerintah dalam menetapkan awal puasa dan Idul Fitri sama dengan NU, MUI dan sebagian besar ormas Islam,” kata Menteri Agama.

Menteri Agama sedang berada di Arab Saudi untuk mengecek fasilitas yang di persiapkan untuk jamaah haji Indonesia. (jos/dwi/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
30o
Kurs