Senin, 6 Mei 2024

Polair Mulai Lakukan Patroli Jelang Mudik Lebaran di Jalur Laut

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Anggota Polair Polda Jatim saat patroli di perairan Surabaya. Foto: Istimewa.

Polisi Air Polda Jatim mengintensifkan patroli jelang mudik dan balik Lebaran 1438 Hijriah di perairan barat maupun timur Surabaya.

AKBP Heru Prasetyo Kasat Rolda Polair Polda Jatim mengatakan, operasi rutin dilakukan 9 Kapal Polisi dengan 57 personel termasuk 3 Perwira Pengendali.

“Area patroli dibagi dua yaitu di APBS (Alur Pelayaran Barat Surabaya) dan APTS (Alur Pelayaran Timur Surabaya),” ujarnya kepada suarasurabaya.net, Rabu (7/6/2017).

Heru mengatakan, obyek dan sarana patroli adalah yang terkait dengan arus mudik dan balik. Misalnya mengantisipasi gangguan di sekitar APBS yang meruoakan kawasan Pelabuhan Umum Gresik. Kemudian di APTS yang berada di kawasan Dermaga Gapura Surya Nusantara dan Dermaga Pelabuhan Ujung-Kamal.

“Kami juga patroli di obyek vital seperti kawasan perairan Jembatan Surmadu (perairan Kenjeran, Jembatan Surabaya di APTS), dan Dermaga Teluk Lamong di APBS,” ujarnya.

Menurut Heru, pengalaman tahun 2016 kemarin arus mudik jalur laut sudah terlihat pada H-17 lebaran meski puncaknya di H-7 sampai H-5.

“Apalagi tahun ini kan sepertinya bareng dengan libur sekolah, kami lebih dini melakukan mapping patroli,” katanya.

Heru mengatakan, operasi pengamanan lebaran resminya pasa H – 7. Di tanggal itu akan digelar Operasi Ramadaniya, yaitu operasi pengamanan arus mudik dan balik lebaran 1438 Hijriah. (bid/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
30o
Kurs