Sabtu, 4 Mei 2024

Cuaca Hari ini Hingga Besok Diprediksi Bersahabat

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan

Kondisi cuaca hari ini hingga besok diperkirakan akan bersahabat. Di Perairan Indonesia kondusif untuk berlayar, begitu juga di daratan hanya hujan ringan.

Dikatakan ARIF TRIYONO Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMG Maritim Perak Surabaya, berdasarkan pantauan Citra Setelit, Jumat (26/01) sekitar pukul 10.00 WIB, di perairan Laut Jawa, perairan Kangean Sapudi, penyeberangan Bali-Lombok, Ketapang-Gilimanuk dan Selatan Samudera Hindia serta Selatan Jatim diprediksi satu dua hari ini relatif cerah sampai berawan.

Pada suarasurabaya.net ARIF menjelaskan, tinggi gelombang di perairan bagian utara 0,5-1,25 meter, di Selatan Samudera Hindia 0,5-1,5 meter. Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk tinggi gelombang kurang dari 1 meter atau berkisar 0,3-0,8 meter, sedang di penyeberangan Bali-Lombok 0,3-0,9 meter.

“Kondisi cuaca 1-2 hari ini cerah sampai berawan, angin bertiup dari Barat kecepatan 20-40 km/jam. Kondisi ini bersahabat dan kondusif untuk pelayaran ke Timur seperti Maumere, Kupang, Maluku. Juga pelayaran ke Utara seperti Banjarmasin, Palu, Balikpapan, Tarakan, Sulawesi. Begitu juga pelayaran ke arah Barat ke Sumatera, dan Pontianak,” ujarnya.

Kemunculan awan Cumulu Nimbus (CB) hari ini yang tidak terlalu banyak kata ARIF, sehingga tidak menyebabkan timbulnya gelombang tinggi. Kalaupun terjadi hujan sifatnya lokal di pesisir Selatan Jatim, mulai Malang sampai Banyuwangi, dan di perairan Masalembu. Intensitas hujan ringan sampai sedang.

Sementara ENDRO TJAHJONO Kepala Seksi Data dan Informasi BMG Juanda Surabaya waktu dihubungi suarasurabaya.net, Jumat (6/01) mengatakan, cuaca di Surabaya hari ini berpeluang hujan lokal dengan intensitas ringan sampai sedang dan terjadi sore dan malam hari.
Angin dari Barat hingga Barat Laut dengan kecepatan 10-60 km/jam. Suhu udara berkisar 25-34 derajat Celcius.

Sedangkan kawasan Porong, cerah berawan, kalaupun hujan intensitasnya ringan saja. “Hari ini cuaca bersahabat, kondusif dibandingkan dua hari lalu,” ungkapnya.

Teks Foto:
– Foto Citra Satelit kondisi awan Jumat (26/01) siang ini.
Sumber: BMG Maritim Tanjung Perak, Surabaya

Bagikan
Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
31o
Kurs