Rabu, 24 Juli 2024

Tidak Sulit Mendapatkan Kulit Sehat dan Awet Muda

Laporan oleh Rizka Amalia
Bagikan

Kulit sehat dan awet muda bisa diperoleh siapa saja khususnya bagi kaum perempuan. Syaratnya, sederhana asalkan istirahat dan tidur cukup, mengkonsumsi nutrisi secara berimbang, olahraga teratur dan melakukan treatment sesuai kebutuhan.

Hal tersebut disampaikan dr.RUTH JULYANA Melliderma Skin Health Clinic dalam talkshow Beauty in Style Live “Complete Skin Solution for A Better Life” di Nine’s Corner, Sabtu (24/03).

Menurut RUTH, bertambahnya usia, aktivitas yang semakin padat, serta semakin banyaknya polutan memang berdampak negatif bagi kesehatan, terutama kesehatan kulit. Disadari atau tidak, semua orang pasti mengalami proses penuaan yang disebabkan oleh radikal bebas, seperti terpaan sinar matahari, polusi, dan gaya hidup tidak sehat, yang mengkontaminasi tubuh.

Penuaan merupakan proses menurunnya kemampuan kulit untuk memperbaiki diri, struktur serta fungsi normalnya. Sedangkan yang dimaksud dengan penuaan dini adalah proses penuaan kulit yang lebih cepat dan tidak sesuai dengan usia.

Tanda-tanda terjadinya penuaan pada kulit, papar RUTH, yakni kulit menjadi kering dan kasar, kulit berkerut dan kendur, terjadi bercak-bercak pigmentasi atau flek, juga mulai timbul tumor jinak kulit. Proses penuaan terjadi perubahan pada kulit epidermis dan dermis.

Perubahan pada epidermis, seperti kusam karena tumpukan sel kulit yang mengakibatkan kering dan bersisik, distribusi pigmen yang tidak merata atau terjadi flek. Sedangkan perubahan pada kulit dermis adalah produksi kelenjar minyak dan keringat menurun, penguapan air meningkat.

Menurt RUTH faktor yang menyebabkan terjadinya penuaan ada dua, yakni dari dalam tubuh (instrinsik) seperti faktor genetik, ras dan hormonal. Sedangkan faktor ekstrinsik, akibat dari radikal bebas. Untuk menetralisir radikal bebas, tubuh membentuk antioksidan. Namun fungsi ini berkurang dengan semakin bertambahnya usia.

Agar tidak terjadi penuaan dini, saran RUTH, perempuan bisa melakukan perawatan kulit yang benar dan sesuai kebutuhan, penggunaan kosmetik yang benar dan sesuai kondisi kulit atau jenis kulit. Mengkonsumsi antioksidan yang mengandung vitamin E.

Selain RUTH, dr.HERY SS SpOG juga tampil sebagai pembicara dengan tema “Kesehatan dan Hormon Seks”. Pemaparan dr.HERY, banyak menarik perhatian peserta yang mayoritas adalah perempuan.

Teks Foto:
– dr. RUTH JULYANA saat memberikan penjelasan seputar kecantikan dan perawatan kulit
Foto : RIZKA Suarasurabaya.net

Bagikan
Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Rabu, 24 Juli 2024
31o
Kurs