Selasa, 14 Mei 2024

Waspadai Rute Penerbangan Di Laut China Selatan

Laporan oleh Lailia Priyantiningtiyas
Bagikan

Minggu (23/09) hari ini, Tropical Depression berada pada posisi 19,6 LU dan 115,9 BT atau barat laut Filiphina. Diperkirakan 3 hari lagi akan memasuki daratan Vietnam.

Sedangkan untuk daerah-daerah yang diperkirakan hujan dengan intensitas ringan-sedang yakni, Kalimantan, Jambi, Sumatera Selatan, dan Papua Barat.

“Untuk pesawat yang melewati laut China Selatan, diharapkan lebih hati-hati. Hal ini karena tingkat pertumbuhan awan cukup tinggi, berpotensi hujan dengan intensitas ringan-deras. Apalagi posisinya yang mendekati Tropical Depression maka bisa menyebabkan turbelensi (perputaran angin katas-kebawah atau kiri-kanan),” jelas SETIAWAN Prakirawan BMG Juanda ketika dihubungi suarasurabaya.net, Minggu (23/09).

Menanggapi adanya fenomena angin kencang yang terjadi di Manukan-Surabaya pada pukul 11.00, SETIAWAN mengatakan hal ini karena terjadi pemanasan yang tidak umum. Sehingga menyebabkan ketidakstabilan udara dan menimbulkan angin kencang.”Tapi bukan angin puting beliung,” ujarnya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi mengenai kejadian di Manukan, Surabaya tersebut, ENDRO TJAHYONO Kasidatin BMG Juanda pada suarasurabaya.net mengatakan faktor di sekeliling wilayah Manukan tandus. Sehingga sinar matahari bisa cepat masuk. Efeknya udara bergerak ke atas dan menimbulkan pusaran angin. “Tapi angin ini sifatnya lokal. Dan kemungkinan terjadi lagi pada tempat yang sama sangat kecil,” jelas ENDRO.

ENDRO berpesan agar warga jangan bermain api. Karena udara sangat kering. Hal ini bisa mempercepat kebakaran.(tys/tok)

Bagikan
Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 14 Mei 2024
29o
Kurs