Jumat, 29 Mei 2020

Angin Kencang dan Hujan Masih Guyur Jatim Siang Ini

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan

Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih akan mengguyur sebagian besar Jawa Timur. Patut diwaspadai kawasan Tuban, Surabaya, Probolinggo, Situbondo, Jombang, Mojokerto, dataran tinggi Jember dan Malang yang bakal diguyur hujan intensitas sedang.

Ahmad Rofiul Huda prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BNKG) Juanda, Sabtu (1/2/2014) mengatakan hujan diprakirakan turun pada siang hari dengan durasi singkat. Sebelum terjadi hujan, dia mengimbau masyarakat mewaspadai potensi terjadinya angin puting beliung. “Meskipun potensinya kecil, harap waspadai,” katanya.

Badai tropis dylan di perairan Australia yang beberapa hari terakhir menyebabkan tingginya kecepatan angin di Jawa Timur, hari ini sudah menghilang. Tapi kecepatan angin di Jawa Timur diprakirakan masih akan tetap tinggi dalam beberapa hari ke depan karena terpantau 3 pusat tekanan rendah di Utara Australia.

“Pusat tekanan rendah ini bergerak ke daratan Australia, dan akan menghilang dalam beberapa hari ke depan tanpa sempat membentuk badai,” jelasnya.

Di Utara Pulau Tahun, Filiphina, terpantau badai tropis baru bernama Kajiki. Badai ini tidak terlalu berdampak signifikan untuk cuaca di Jawa Timur.

Akibat tingginya kecepatan angin dalam beberapa hari ke depan, gelombang laut diprakirakan masih akan tetap tinggi. Di Laut Jawa sekitar Madura diprakirakan bisa mencapai 5 meter.(edy)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Khoirul Asyhar Perdana

Potret NetterSelengkapnya

Banjir di Tambak Sawah

Pohon Tumbang di Exit Tol Dupak

Kepadatan di Pasar Wadungasri

Truk Muat Jeruk Terguling

Surabaya
Jumat, 29 Mei 2020
27o
Kurs