Senin, 6 April 2020
Banjir Surabaya

Bangunan Liar Sepanjang Tanjungsari Akhirnya Dibongkar

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Banjir yang seringkali terjadi di kawasan jalan Tanjungsari Surabaya, disebut-sebut satu diantara penyebabnya adalah bangunan liar di sepanjang jalan Tanjungsari Sekurangnya ada 120 bangunan liar disepanjang kawasan itu akhirnya dibongkar paksa, Jumat (14/3/2014).

Irvan Widianto kepala Satpol PP Kota Surabaya membenarkan bahwa pembongkaran dilakukan selain karena bangunan-bangunan liar tersebut membuat air tidak dapat mengalir saat hujan deras, juga karena menyalahi aturan.

“Banjir kemarin memang cukup parah di kawasan ini. Hari ini, sederet bangunan-bangunan liar kami robohkan, selain sebagai penyebab banjir, juga karena mereka menempati lahan yang bukan peruntukkannya,” kata Irvan Widianto pada suarasurabaya.net, Jumat (14/3/2014).

Tidak hanya Satpol PP Surabaya, puluhan petugas dari Dinas PU Bina Marga dan Pematusan menggunakan backhoe, merobohkan bangunan-bangunan semi permanen maupun bangunan permanen disepanjang kawasan Jl. Tanjungsari.

Beberapa pemilik bangunan yang awalnya menolak dibongkar tempat tinggalnya, disampaikan Irvan Widianto tidak dapat berbuat apa-apa ketika diiminta menunjukkan bukti kepemilikan lahan serta rumah yang ditinggali tersebut.

“Pembongkaran memang sebelumnya sudah kami agendakan. Dan Jumat (14/3/2014) ini kami baru bisa eksekusi. Mudah-mudahan masyarakat dapat memahami itu, bahwa memang dilarang mendirikan bangunan diatas lahan yang memang bukan peruntukkannya,” tegas Irvan Widianto.

Sementara itu, disampaikan AKP Rini Kanit Lantas Polsek Sukomanunggal, bahwa dari pertigaan Jl. Tanjungsari pengamanan pelaksanaan pembongkaran dilakukan oleh anggotanya sekaligus melakukan pengaturan arus lalu lintas dikawasan itu.

“Tadi pagi memang masih ada ketinggian sisa air banjir hingga sekitar 30 cm. Kalau sekarang sudah tidak ada genangan. Hanya saja di sisi utara dari pertigaan Jl. Tanjungsari ini, masih ada genangan. Itu lebih dikarenakan karena air tidak dapat mengalir,” tukas AKP Rini pada Radio Suara Surabaya, Jumat (14/3/2014).(tok/rst)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Korban Rumah Roboh di Ketintang

Trailler Tabrak Pembatas Jalan di Tol

Mobil Terbakar di Karah Indah 1

Surabaya
Senin, 6 April 2020
27o
Kurs