Sabtu, 18 Mei 2024

Cuaca di Jatim Berawan Selama Bulan Puasa Ramadhan

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Sebagian besar wilayah di Jawa Timur diprakirakan berawan selama bulan puasa Ramadhan. Meskipun saat ini Indonesia mulai memasuki musim kemarau namun kemarau saat ini terpantau kemarau normal.

Rendy Irawadi, Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda Surabaya pada suarasurabaya.net, Kamis (26/06/2014) mengatakan, sehingga di bulan puasa Ramadhan kali ini para muslim yang berpuasa tidak akan mengalami proses puasa yang memberatkan yang diakibatkan cuaca.

Sementara itu, secara umum cuaca di Jawa Timur masih didominasi guyuran hujan ringan dan berawan.” Wilayah yang berpotensi hujan ringan diantaranya Malang dan Pasuruan sedangkan wilayah Madiun, Pacitan, Jember dan Banyuwangi berpotensi berawan”, ujar Rendy

Titik maksimum suhu di Jawa Timur berada di Blitar yaitu 33 derajat Celcius sedangkan titik minimum suhunya berada di Nganjuk yaitu 20 derajat Celcius.

Rendy menambahkan, secara umum cuaca di Surabaya cerah berawan pada Kamis (26/6/2014) mulai pagi hingga sore hari. Namun diprakirakan akan turun hujan ringan di wilayah Surabaya bagian utara dan selatan mulai malam hingga dini hari nanti.

Suhu di Kota Pahlawan saat ini berkisar 26-34 derajat Celcius, kelembaban sekitar 54-90%, jarak pandang sekitar 3-10 km dan angin bertiup dari arah timur dengan kecepatan 5-35km/jam.

Dari data BMKG Maritim Tanjung Perak diberitahukan bahwa gelombang perairan di Jawa Timur terpantau normal dengan kisaran gelombang 0,5-2,5 meter di Samudera Selatan Bali, Samudera Selatan Jawa Timur dan Perairan Selatan Jawa Timur. (nin/dwi)

Foto : Ilustrasi

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
27o
Kurs