Jumat, 19 April 2024

Dugaan Awal Kebakaran Pasar Senen Akibat Arus Pendek Listrik

Laporan oleh Desy Kurnia
Bagikan

Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat mengatakan dugaan awal penyebab kebakaran yang terjadi di Pasar Senen akibat arus pendek listrik pada Jumat (25/4/2014) dini hari.

“Dugaan awal penyebab diperkirakan karena arus pendek listrik. Awal mula api diketahui terjadi di lantai 2 Blok III di Pasar Senen,” kata Deki, petugas pemadam kebakaran Sudin Jakarta Pusat, seperti yang dilansir dari Antara.

Hingga pukul 23.00 WIB kemarin, pantulan nyala api di bangunan Pasar Senen masih bisa terlihat dari kepulan asap yang membumbung ke arah barat.

Sebanyak 58 kendaraan pemadam kebakaran serta sekitar 200 personil petugas damkar masih dikerahkan untuk memadamkan api di pasar yang telah berdiri sejak 1974 tersebut.

“Kami belum bisa menyebutkan jumlah kios yang terbakar serta total kerugian akibat kebakaran tersebut,” kata Deki.

Petugas Damkar gabungan di DKI Jakarta tidak menemukan adanya korban jiwa atau luka dari pihak pedagang atau warga sipil.

Namun pada Jumat siang, seorang petugas pemadam kebakaran diketahui mengalami cedera dan luka di bagian bahu akibat terjatuh saat bertugas.

“Kami catat ada seorang petugas yang terjatuh. Sepertinya akibat kelelahan,” kata Deki.

Menurut Sudarno, Kepala Operasional Suku Dinas Damkar dan PB Jakarta Pusat, petugas sudah melakukan proses pendinginan pada pukul 16.00 WIB untuk memastikan tidak ada lagi sumber api yang memicu terjadinya kebakaran susulan. Namun, karena banyaknya bahan yang mudah terbakar sehingga api semakin cepat menyebar ke wilayah lain di pasar.

Selain itu petugas mengalami kendala dalam melakukan pemadaman karena sejumlah kios menggunakan rolling door yang terbuat dari besi sehingga menyulitkan untuk menembus masuk ke lokasi kebakaran.

Sementara itu, Ikatan Pedagang Pasar Seluruh Indonesia memperkirakan total kerugian yang dialami akibat kebakaran di Pasar Senen mencapai lebih dari Rp 100 miliar.

Ikatan tersebut mencatat terdapat lebih dari 2.000 kios yang terbakar dengan perkiraan masing-masing modal sekitar Rp200 juta. (ant/ain)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs