Minggu, 19 Mei 2024

Energi Terbarukan Negeri Ini Belum Dikelola Secara Maksimal

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Diskusi Energi Terbarukan digelar di Graha Kadin Jawa Timur. Foto: Totok suarasurabaya.net

Energi terbarukan yang dimiliki negeri ini ditegaskan Puguh Iryantoro pengurus Kadin Jawa Timur masih belum dikelola secara maksimal. Sehingga dianggap tidak penting.

Energi terbarukan sebagai energi yang dihasilkan melalui proses alam berkelanjutan, seperti tenaga surya, tenaga angin, arus air, hingga panas bumi di negeri ini sangat besar dan kaya raya. Tetapi hingga saat ini belum dikelola secara maksimal.

“Oleh karena itu kemudian, masyarakat menganggap bahwa energi terbarukan tidak penting. Tidak perlu dikaji dan dikelola lebih jauh. Padahal negeri ini sangat kaya raya dengan berbagai sumber energi terbarukan. Sayangnya kita masih belum maksimal mengelolanya,” tegas Puguh Iryantoro Wakil Ketua Komite Tetap Pengembangan Usaha Energi Terbarukan Kadin Jawa Timur, Kamis (6/11/2014).

Masyarakat hingga saat ini masih bergantung dengan energi yang dihasilkan dari BBM, diantaranya. Sehingga ketika kemudian harga jual BBM dinaikkan, maka masyarakat sebagai pengguna utama langsung kelabakan. Kebingungan bagaimana harus menyikapinya.

“Kesadaran masyarakat dengan keberadaan energi terbarukan itu masih minim. Apalagi untuk mengelolanya. Padaha jika dikelola dengan benar, maka energi terbarukan justru memberikan manfaat luar biasa bagi kehidupan manusia. Ini yang perlu disampaikan kepada masyarakat,” tambah Puguh Iryantoro.

Puguh menyampaikan bahwa dari semak belukar dan rerumputan kering, dengan menggunakan tehnologi sederhana dapat digunakan membuat sumber energi. Tetapi itu tidak dikethaui dan masih belum dipahami masyarakat. Dan akhirnya semak belukar dan rerumputan kering hanya dianggap hama semata.

Ditengah kebimbangan masyarakat menghadapi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), alangkah bijak dan lebih bermanfaat jika masyarakat serta pemerintah diingatkan kembali keberadaan energi terbarukan negeri ini yang dapat dikelola dengan maksimal untuk mendapat manfaat maksimal juga.(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
27o
Kurs