Senin, 29 April 2024

Hal-hal yang Dilarang Saat Masa Orientasi

Laporan oleh Desy Kurnia
Bagikan

Dalam menggelar Masa Orientasi Siswa (MOS) atau yang kini sudah berubah nama menjadi LOS (Layanan Orientasi Siswa), setiap sekolah akan memiliki kegiatan yang beragam dan berbeda-beda.

Dari beragam kegiatan tersebut, Dinas pendidikan melarang beberapa kegiatan perpeloncoan yang selama ini dilakukan banyak sekolahan. Diantaranya:

1. Kekerasan
Biasanya pelaksana acara yakni OSIS menerapkan beberapa aturan saat orientasi berlangsung dan apabila siswa baru ketahuan melanggar maka akan dihukum. Hukumannya beragam dari sekedar sit up, push up hingga hukuman berat lainnya.

Hukuman yang biasanya bersinggungan dengan kekerasan fisik yan berlebihan inilah yang dilarang dilakukan. Mengingat kondisi kesehatan dan fisik tiap siswa berbeda. Tak jarang karena keteledoran, seorang siswa bisa meninggal karena kelelahan atau kesakitan saat dihukum.

2. Kegiatan yang mengancam keselamatan
Untuk membuat kegiatan menarik, biasanya orientasi diselingi kegiatan yang menantang dan unik. Seperti dengan banyak kegiatan yang diikuti selama sehari, peserta dilarang memakan nasi, hanya boleh makan mie. Atau diwajibkan mengikuti suatu tantangan yan biasanya berlebihan agar bisa mendapatkan tanda tangan senior. Hal ini juga dilarang dilakukan.

3. Tugas aneh-aneh
Atribut dan tugas-tugas aneh yang tidak ada kaitannnya dengan pendidikan dan pengenalan sekolah biasanya juga dibebankan pada siswa. Dan ini membuat siswa mengalami stressing dan kelelahan selama orientasi.

Semua hal berlebihan tersebut dilarang dilakukan selama orientasi, karena tujuan orientasi adalah untuk bersilaturahmi dan mengenalkan almamater sekolah pada siswa baru. (ain/ipg)

Foto: Ilustrasi

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs