Sabtu, 4 Mei 2024
Di Jatim

Hujan Sangat Lebat akan Guyur Sembilan Kabupaten

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Beberapa daerah di Jawa Timur diperkirakan akan mendapat guyuran hujan di atas normal pada akhir Januari 2014 ini. Data yang dimiliki Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur menunjukkan, setidaknya ada sembilan kabupaten yang akan mendapatkan guyuran hujan di atas normal ini.

Sembilan daerah itu adalah Trenggalek, Blitar, Malang, Jombang, Mojokerto, Banyuwangi, Situbondo dan Pamekasan. “Sembilan daerah ini hujan antara 116-150 persen atau sekitar 20 mm perjam,” kata Sudharmawan, Kepala BPBD Jawa Timur, Jumat (17/1/2014).

Selain akan menerjang di akhir Januari, sembilan daerah itu diperkirakan juga masih akan menerima hujan dengan intensitas di atas normal pada awal Februari.

Sedangkan hujan dengan intensitas di bawah normal dan normal setidaknya akan merata di seluruh wilayah di Jawa Timur.

Menurut Sudharmawan, hujan selama ini terbagi menjadi lima jenis. Hujan sangat ringan dengan intensitas kurang dari 1 mm perjam. Kemudian hujan ringan antara 1-5 mm perjam; lantas hujan normal atau sedang dengan intensitas 5-10 mm perjam; hujan lebat dengan intensitas 10-20 mm perjam; dan sangat lebat dengan intensitas di atas 20 mm perjam. (fik/ipg)

Teks Foto:
– Ilustrasi

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
31o
Kurs