Kamis, 28 Mei 2020
Di Jatim

Hujan Sangat Lebat akan Guyur Sembilan Kabupaten

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Beberapa daerah di Jawa Timur diperkirakan akan mendapat guyuran hujan di atas normal pada akhir Januari 2014 ini. Data yang dimiliki Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur menunjukkan, setidaknya ada sembilan kabupaten yang akan mendapatkan guyuran hujan di atas normal ini.

Sembilan daerah itu adalah Trenggalek, Blitar, Malang, Jombang, Mojokerto, Banyuwangi, Situbondo dan Pamekasan. “Sembilan daerah ini hujan antara 116-150 persen atau sekitar 20 mm perjam,” kata Sudharmawan, Kepala BPBD Jawa Timur, Jumat (17/1/2014).

Selain akan menerjang di akhir Januari, sembilan daerah itu diperkirakan juga masih akan menerima hujan dengan intensitas di atas normal pada awal Februari.

Sedangkan hujan dengan intensitas di bawah normal dan normal setidaknya akan merata di seluruh wilayah di Jawa Timur.

Menurut Sudharmawan, hujan selama ini terbagi menjadi lima jenis. Hujan sangat ringan dengan intensitas kurang dari 1 mm perjam. Kemudian hujan ringan antara 1-5 mm perjam; lantas hujan normal atau sedang dengan intensitas 5-10 mm perjam; hujan lebat dengan intensitas 10-20 mm perjam; dan sangat lebat dengan intensitas di atas 20 mm perjam. (fik/ipg)

Teks Foto:
– Ilustrasi

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Rahmat Wahyu Robbani

Potret NetterSelengkapnya

Banjir di Tambak Sawah

Pohon Tumbang di Exit Tol Dupak

Kepadatan di Pasar Wadungasri

Truk Muat Jeruk Terguling

Surabaya
Kamis, 28 Mei 2020
26o
Kurs