Kamis, 28 Mei 2020

Hujan dan Angin Kencang Masih Potensi Sambangi Jombang

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Guyuran hujan dan angin kencang masih akan menyambangi Jombang pasca terjadinya banjir berujung longsor yang menewaskan belasan orang di kawasan Bareng, Jombang.

Huda Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda pada suarasurabaya.net, Kamis (30/1/2014) mengatakan, kota Jombang diprakirakan akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada sore atau malam hari.

“Secara umum kecepatan angin masih cukup kencang di Jombang berkisar 35 km/jam dan masih berpotensi diguyur hujan intensitas ringan hingga sedang,” kata dia.

Sementara di Kota Surabaya, lanjut dia, masih berpotensi diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada siang atau sore hari nanti. Hujan diawali akan mengguyur Surabaya bagian selatan diikuti timur dan akan terjadi secara merata.

“Kalau di Jawa Timur cenderung kondusif cerah berawan, tapi siang nanti beberapa wilayah seperti Lumajang, Malang dan Bangkalan bagian utara akan diguyur hujan,” ujar dia.

Huda menjelaskan, masih tingginya curah hujan di Jawa Timur dan kencangnya hembusan angin salah satunya akibat adanya tekanan rendah 1004 milibar di utara Australia.

“Pengaruhnya memang tidak begitu signifikan tapi ini beberapa persen berpengaruh pada tingginya curah hujan dan kencangnya angin di Jawa Timur,” katanya.

Untuk ketinggian gelombang perairan, tambah dia, di perairan selatan Jawa Timur maksimum 3,5 meter dan selat Madura 2,5 meter. (dwi/ipg)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Bintang Rahmadani

Potret NetterSelengkapnya

Pohon Tumbang di Exit Tol Dupak

Kepadatan di Pasar Wadungasri

Truk Muat Jeruk Terguling

Mobil Box Terguling di MERR

Surabaya
Kamis, 28 Mei 2020
30o
Kurs