Selasa, 16 April 2024

Kawasan Konservasi Lereng Gunung Biru Welirang Terbakar

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Lereng Gunung Biru yang terletak di lereng Gunung Welirang Arjuno Mojokerto, Jatim ketinggian 1.500 meter terbakar sejak Selasa (23/9/2014) dini hari. Di lokasi terpantau ada tiga titik api.

Didik Sudarsono Kasi Penanggulangan Bencana PMI Mojokerto pada Radio Suara Surabaya, Rabu (24/9/2014) mengatakan, pihaknya melakukan koordinasi dengan tim dari Taman Hutan Raya (Tahura) R. Soerjo.

“Luas lahan yang terbakar 25-50 hektar namun titik kebakaran kurang diketahui. Di lokasi merupakan hutan heterogen kawasan konservasi. Pukul 18.00 WIB kemarin api masih terlihat jelas,” kata dia.

Kata Didik, kebakaran di kawasan konservasi ini rutin terjadi apalagi jika perubahan musim secara ekstrim mulai terjadi.” Dulu pernah dibuat sekat bakar. Tapi karena faktor panas dan perubahan secara ekstrim,” ujar dia.

Didik sangat menyayangkan kebakaran di kawasan ini karena di lokasi jadi habitat elang Jawa, kera dan burung. Bahkan juga menjadi lokasi pelepasliaran hewan.

“Tadi pagi seluruh Jagawana Tahura juga dikerahkan untuk atasi kebakaran di lereng Gunung Biru Welirang,” tambah dia. (dwi/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 16 April 2024
30o
Kurs