Sabtu, 4 Mei 2024
Hardiknas 2014

Kenang Bapak Pendidikan Nasional Pasang Puzzle KH Dewantara

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Berukuran sekurangnya 2 meter x 2 meter, puzzle bergambar Ki Hajar Dewantara, Jumat (2/5/2014) oleh siswa SDN Pakis 8 Surabaya dimainkan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional 2014.

Dengan penuh semangat sekitar 10 siswa langsung menghadapi papan kayu berukuran 2 x 2 meter, kemudian masing-masing anak membagi potongan-potongan bergambar yang akan dirangkaikan bersama.

“Kami sengaja menampilkan gambar Ki Hajar Dewantara sebagai bapak pendidikan nasional untuk mengajak anak-anak ini kembali memiliki semangat dan kepercayaan diri ditengah galaunya pendidikan nasional saat ini,” terang Dicky Agus Nugroho koordinator kegiatan.

Dalam hitungan tidak lebih dari 10 menit, puzzle bergambar Ki Hajar Dewantara berhasil diselesaikan anak-anak. Mereka pun bertepuk tangan setelah puzzle diperiksa oleh tim guru, dan dinyatakan benar.

“Saat ini ‘musuh’ yang paling menakutkan bagi siswa adalah ujian nasional, dan dengan kegiatan ini kami mengajak mereka untuk berani menghadapi ujian nasional,” tambah Dicky Agus Nugroho pada suarasurabaya.net.

Diharapkan dengan aksi kali ini, para siswa yang akan menghadapi ujian nasional tidak perlu gentar, dan tetap berani menjalaninya, seperti ajaran yang diberikan Ki Hajar Dewantara: Tut Wuri Handayani, Ing Madya Mangun Karsa, Ing Ngarsa Sung Tulada.

Selain mengerjakan puzzle bergambar Ki Hajar Dewantara, Jumat (2/5/2014) di SDN Pakis 8 juga digelar baca puisi yang diperagakan oleh siswa-siswi dengan pilihan puisi tentang pendidikan.(tok/ipg)

Teks foto:
-Aksi siswa SDN Pakis 8 tampilkan puzzle Ki Hajar Dewantara.
Foto: Totok suarausrabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
31o
Kurs