Minggu, 19 Mei 2024

Keunikan Surabaya dalam Destination Branding Kota Surabaya

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Mahasiswa UK Petra membranding Kota Surabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Surabaya, mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya, menggelar pameran karya bertajuk Destination Branding Kota Surabaya.

“Gelaran ini merupakan tugas dari mata kuliah Service Learning DKV 3. Ada 32 karya berupa poster, website, brosur dan video. Dalam pameran ini dilakukan penilaian untuk menentukan branding terbaik dari Surabaya Utara, Selatan, Barat, Timur dan Pusat,” ujar Cindy Muljosumarto, S.Sn., M. Des, koordinator pameran saat berbincang dengan suarasurabaya.net.

Satu diantara kelompok mem-branding daerah Jambangan, Suarabaya Selatan. Mereka ingin mengenalkan kepada masyarakat luar bahwa di Surabaya terdapat daerah yang menggunakan bahan daur ulang untuk membuat barang-barang yang dapat digunakan kembali.

Contohnya, dompet, bunga plastik, dan baju. Daerah ini sudah terdapat organisasinya sehingga sudah terstruktur. Namun disayangkan, masyarakat Surabaya sendiri masih banyak yang belum mengetahui daerah ini.

“Padahal kalau orang Surabaya tahu pasti akan memberikan dampak yang bagus,” ujar Bobby Hartono mahasiswa DKV 2012 pada suarasurabaya.net, Jumat (12/12/2014).

Para mahasiswa ini sebelumnya melakukan survey selama dua minggu hingga empat minggu lamanya sebelum menentukan perancangan desain branding.

Pameran kali ini melibatkan sekurangnya 159 mahasiswa yang dibagi menjadi 32 kelompok. Berlangsung sampai Jumat (12/12/2014) diselasar gedung P Lantai 3 kampus UK Petra, Surabaya.(tok/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
31o
Kurs