Sabtu, 4 Mei 2024
Peringati Hari Kartini

Kohati Serukan Polwan Berjilbab

Laporan oleh Desy Kurnia
Bagikan

Korp HMI Wati (Kohati) Pamekasan, Pulau Madura, Jawa Timur, menyerukan agar polisi wanita (Polwan) muslimah, hendaknya memakai jilbab, karena hal itu juga sebagai prasyarat abdi negara.

“Salah satu prasyarat menjadi abdi negara yang dicantumkan dalam setiap pelaksanaan rekrutmen adalah Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, tentunya sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing,” kata Nur Halimah , Ketua Umum Kohati Pamekasan, Senin (21/4/2014) pagi.

Dikutip dari Antara, bagi muslimah, indikasi taqwa salah satunya ialah memenuhi ketentuan formal yang telah ditetapkan oleh Islam, yakni menutup aurat atau memakai jilbab.

Kohati juga meminta kepada institusi kepolisian agar menjadikan momentum peringatan Hari Kartini kali ini sebagai hari yang lebih bermakna dengan memberikan ruang kepada Polwan untuk menjadi abdi negara yang taat agama.

Sebenarnya, menurut Nur Halimah, instruksi berjilbab kepada Polwan muslimah sudah dilakukan, dan sudah banyak Polwan di berbagai daerah yang memakai jilbab.

Akan tetapi, instruksi itu pada akhirnya tidak jelas, bahkan ada kesan saat ini masih ada pelarangan Polwan memakai jilbab dengan berbagai alasan. Salah satunya, karena belum disediakan anggaran untuk pembelian seragam jilbab.

“Oleh karena itu, Kohati meminta agar momentum Hari Kartini dijadikan pemicu untuk menghormati kaum wanita. Salah satunya dengan memberikan keleluasan untuk menjadi kodrat kewanitaannya dalam dimensi keagamaan,” kata Nur Halimah.

Selain menyerukan penggunaan jilbab bagi Polwan, pada Hari Kartini ini, Kohati Pamekasan juga membagi-bagikan bunga kepada warga, sebagai simbol perdamaian.

Aksi bagi-bagi bunga ini digelar di sejumlah titik di Kabupaten Pamekasan dengan sasaran para pengendara kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat. (ant/ain/fik)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
27o
Kurs