Selasa, 7 April 2020

Nyepi Tahun Ini Tanpa Arak-arakan Ogoh-ogoh

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Perayaan Nyepi tahun 2014 ini di Surabaya, dipastikan tanpa arak-arakan Ogoh-ogoh seperti yang selalu dilakukan pada perayaan yang sama di tahun-tahun sebelumnya. Bersamaan waktu kampanye Pileg 2014.

“Kami tetap menghargai keinginan warga kami untuk tetap menampilkan Ogoh-ogoh pada perayaan Nyepi nanti. Tetapi kami tegaskan bahwa tidak perlu dilakukan perarakan seperti tahun-tahun sebelumnya,” terang Wayan Suraba Ketua PHDI Surabaya.

Wayan menegaskan bahwa Nyepi 2014 yang jatuh pada Senin (31/3/2014) mendatang bertepatan dengan masa kampanye Pemilihan Umum Legilatif (Pileg) 2014.

“Biasanya bertepatan dengan sembahyang Tawur Agung Kesanga, sehari menjelang Nyepi, kami gelar perarakan Ogoh-ogoh. Tahun ini, Minggu (30/3/2014) sehari menjelang Nyepi masih dalam masa kampanye,” sergah Wayan Suraba.

Oleh karena itu ditegaskan Wayan Suraba kepada umat Hindu di seluruh Kota Surabaya, agar tetap melaksanakan persembahyangan Tawur Agung Kesanga dimasing-masing Pura, menjelang Nyepi nanti.

Sementara itu, ditambahkan I Made Sutarya ketua pelaksana Nyepi 2014 di Pura Agung Jagad Karana, bahwa pihaknya menyampaikan kepada umat terkait ditiadakannya arak-arakan Ogoh-ogoh pada Tawur Agung Kesanga kali ini.

“Kami sudah sampaikan kabar ini. Dan umat dapat memahami karena Minggu (30/3/2014) saat persembahyangan Tawur Agung Kesanga nanti masih dalam masa kampanye Pileg 2014,” papar I Made Sutarya pada suarasurabaya.net, Senin (24/3/2014).(tok/ipg).

Teks foto:
– Jelang Nyepi gelar arak Ogoh-ogoh.
Foto: Dok suarasurabaya.net

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Banjir di Blega, Bangkalan

Banjir di depan Lippo Plaza Sidoarjo

Banjir di Sememi

Kebakaran Rumah di Griya Kebraon Tengah

Surabaya
Selasa, 7 April 2020
25o
Kurs