Rabu, 8 April 2020

Rabies, Ratusan Anjing Liar di Musiwaras Dimusnahkan

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan memusnahkan ratusan ekor anjing liar pada empat kecamatan di wilayah itu.

“Anjing liar yang dimusnahkan itu akibat terjangkit rabies dan menggigit manusia dan memangsa hewan ternak,” kata Bambang Haryadi Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Musirawas seperti dilaporkan Antara Minggu (5/1/2014).

Dia mengatakan, selama 2013 pihaknya juga telah memvaksin sekitar 1.100 ekor anjing peliharaan sedangkan yang berhasil dieleminasi sekitar 200 ekor.

Anjing yang dimusnahkan itu sebagian besar terdapat di empat kecamatan dan tergolong paling tinggi terjadi gigitan anjing gila di wilayah Musirawas.

Keempat kecamatan itu adalah Kecamatan Tugumulyo, Megang Sakti, Purwodadi dan Kecamatan Sumber Harta yang tergolong banyak laporan kasus gigitan anjing.

Dengan laporan itu pihaknya setiap hari menurunkan petugas vaksinasi sekaligus melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Pihaknya juga melakukan jemput bola ke rumah-rumah warga yang melaporkan terjadi gigitan anjing, serta vaksinasi hewan rabies ke pemiliknya.

Kendati masih banyak desa yang belum tersentuh pelayanan lantaran jauhnya jarak akses masuk ke wilayah pelosok tersebut, serta buruknya jalan dimusim penghujan saat ini.

“Namun demikian petugas tetap diupayakan menjangkau ke pelosok desa yang mendapat gangguan gigitan anjing liar, di samping itu masyarakat diimbau untuk melaporkan ke petugas lapangan bila terjadi gigitan anjing gila,” ujarnya. (ant/dwi/rst)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Banjir di Blega, Bangkalan

Banjir di depan Lippo Plaza Sidoarjo

Banjir di Sememi

Kebakaran Rumah di Griya Kebraon Tengah

Surabaya
Rabu, 8 April 2020
25o
Kurs