Minggu, 19 Mei 2024

Rainwater Harvesting Sudah Dilakukan Dinegara Maju

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Pentingnya program Rainwater Harvesting atau Panen Air Hujan ternyata sudah menjadi program yang dilaksanakan oleh negara-negara maju dihampir seluruh belahan penjuru bumi mengingat manfaat yang dihasilkan.

Wawan Some aktivis lingkungan menyampaikan itu terkait dengan program rainwater harvesting yang diperkenalkan kepada para siswa sekolah agar sejak dini mereka mengenal dan mengerti manfaatnya.

“Justru banyak negara maju dapat memanfaatkan rainwater harvesting ini. Ketika musim panas terjadi berkepanjangan, maka rainwater harvesting menjadi sangat berguna sekaligus memberikan manfaat,” terang Wawan Some.

Wawan mencontohkan, dinegara maju, para pemilik gedung-gedung bertingkat diwajibkan memiliki penampungan air hujan yang dapat digunakan menampung air hujan saat musim penghujan terjadi.

Sehingga air hujan tidak terbuang percuma dan dapat digunakan untuk beberapa kepentingan pengganti penggunaan air ledeng atau air bersih lainnya. “Air hujan jadi bermanfaat dan dapat dipakai untuk keperluan masyarakat sendiri,” kata Wawan.

Oleh karena itu, pengenalan terhadap program sederhana dengan memanfaatkan air hujan melalui penampungan air hujan sebanyak-banyaknya ini, layak disosialisasikan kepada warga masyarakat negara dunia ketiga.

“Harapan kita kalau sejak dini pelajar mengerti dan memahami manfaat rainwater harvesting, maka kebutuhan air pada saat musim kemarau atau musim panas dapat dipenuhi, dan tidak harus membuang air dengan sia-sia. Bukankah tugas kita semua untuk menghemat air??” tegas Wawan Some saat ditemui suarasurabaya.net, Kamis (3/4/2014).(tok)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
27o
Kurs