Kamis, 25 April 2024
Video Conference Sidang MK

Saksi Capres Tak Perlu ke Jakarta

Laporan oleh Wakhid Muqodam
Bagikan
Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Sidang sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 yang digelar di Mahkamah Konstitusi (MK), Jumat (8/8/2014) memasuki babak kedua. Untuk mempermudah jalannya sidang, terutama pemeriksaan saksi yang berada di luar kota maupun provinsi, MK telah menunjuk sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) untuk memberikan fasilitas video conference (Vicon).

Di Jawa Timur ada empat PTN yang ditunjuk memberikan fasilitas video conference sidang MK. Diantaranya, Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Universitas Brawijaya (UB) Malang, Universitas Trunojoyo Madura, Universitas Jember (Unej). Sementara untuk seluruh Indonesia terdapat 39 PTN yang ditunjuk.

Dri Utari Cristina Rachmawati Penanggungjawab Harian pelaksanaan Vicon Unair Surabaya mengatakan, pihak universitas hanya ditunjuk untuk memberikan fasilitas untuk vicon. Saksi dari kubu Prabowo-Hatta maupun Jokowi-JK bisa menggunakan fasilitas ini untuk ikut dalam persidangan tanpa harus datang langsung ke MK.

“Kami hanya ditunjuk untuk menyediakan tempat untuk vicon. Semua peralatan yang diperlukan dari MK. Jadi ini untuk memfasilitasi para saksi dari masing-masing pasangan capres untuk memberikan kesaksian langsung ke MK,” kata Dri Utari kepada wartawan, Jumat (8/8/2014).

Dia menambahkan, semua proses vicon dibawah kendali MK. Prosedur sebagai saksi juga mengaju pada peraturan yang ada di MK. “Semua prosedur sama seperti di MK. Saksi juga harus disumpah terlebih dulu agar memberikan kesaksian yang sebenar-benarnya, serta tidak direkayasa,” ujarnya.

Pihak kepolisian, kata dia, juga ada yang ditempatkan di lokasi vicon untuk mengamankan jalannya vicon selama sidang berlangsung. “Kami juga telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk pengamanan,” ujarnya.

Dri Utari menambahkan, tidak hanya dari kubu yang memiliki perkara yang disidangkan di MK, namun masyarakat juga dipersilakan jika ingin mengikuti jalannya persidangan melalui vicon.

“Vicon ini tidak hanya bagi pihak yang masalahnya di sidang di MK. Namun bisa diakses oleh masyarakat umum,”pungkasnya. (wak)

Teks Foto:
– Dri Utari Cristina Rachmawati Penanggungjawab Harian pelaksanaan Vicon Unair Surabaya menunjukkan monitor dan kamera yang digunakan untuk vicon persidangan di MK.

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs