Kamis, 25 April 2024

Sri Mulyani Buka Fakta Sudah Laporkan Bail Out Century ke SBY

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan

Ini disampaikan Mukhamad Misbakhun inisiator angket bank Century DPR RI yang mengikuti kesaksian Sri Mulyani mantan Menteri Keuangan di Pengadilan Tipikor untuk Budi Mulia terdakwa.

Kata Misbakhun, Sri Mulyani telah melaporkan masalah bail out Bank Century kepada Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Presiden yang saat itu sedang berada di Washington. Padahal sejauh ini SBY mengatakan tidak pernah mendapat laporan soal bail out itu.

“Yang pasti ada poin penting yang disampaikan oleh Sri Mulyani dalam kesaksiannya tersebut, yaitu Sri Mulyani melaporkan kepada SBY presiden perihal bailout Bank Century pada tanggal 13 November 2008 di Washington. Fakta ini membongkar semua pernyataan presiden yang mengatakan bahwa dia tidak pernah menerima laporan perihal Bank Century. Bahkan 3 surat kepada SBY Presiden diakui sebagai laporan.” ujar Misbakhun di pengadilan Tipikor, Jakarta Selatan,Jumat (2/4/2014).

Misbakhun menilai, keangkeran Pengadilan Tipikor memang menakutkan siapapun yang tersangkut kasus korupsi. Terbukti, sekelas Sri Mulyani Managing Director World Bank, mendadak jadi pelupa dan amnesia ketika bersaksi dalam perkara Budi Mulia terdakwa perkara Bank Century. 

Ketika ditanya oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada KPK soal beberapa kejadian yang arah menyangkut dirinya, Sri Mulyani ternyata menggunakan jurus lupa dan tidak ingat. Bahkan untuk mengingat rapat dengan Jusuf Kalla Wapres pada tanggal 20 November 2008 pun, lupa jam berapa? Tidak ingat rapat dengan siapa dan lupa rapat membahas apa.

Menurut Misbakhun, jelas sekali tampak Sri Mulyani ingin menyelamatkkan dirinya sendiri dan cenderung mempersalahkan Bank Indonesia yang tidak akurat dalam memberikan data saat diambil keputusan soal bailout Bank Century.

Sisi lain yang harus jadi perhatian kesaksian Sri Mulyani hari ini, adalah kualitas pertanyaan dari Jaksa yang kurang tajam dan tidak menggali fakta yang selama ini belum terungkap. Bahkan JPU terkesan takut-takut dengan pertanyaannya sendiri. 

Misbakhun menyarankan kepada JPU harus lebih berani lagi dalam mengajukan pertanyaan saat menghadapi persidangan yang menghadirkan Boediono mantan gubernur BI yang saat ini menjadi Wapres pada tanggal 9 Mei nanti.(faz/ipg)

Teks Foto:
– Sri Mulyani mantan Menteri Keuangan yang memebrikan kesaksian di Pengadilan Tipikor untuk Budi Mulia terdakwa bail out Bank Century.
Foto: Faiz suarasurabaya.net

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs