Kamis, 25 April 2024

Surabaya Tularkan Penghematan Anggaran Pada 14 Daerah

Laporan oleh Teguh Ardi Srianto
Bagikan

Surabaya Tularkan cara menghemat anggaran pada 14 daerah di Indonesia. Kerjasama itu ditandai dengan penandatanganan kesepatan bersama dengan 1 provinsi dan 13 kabupaten-kota Indonesia, di Balai Kota Surabaya, Sabtu (31/5/2014).

Dalam kesepakatan bersama itu, diikuti Provinsi Jawa Tengah, Pemkot Medan, Tebing Tinggi, Batam, Pekanbaru, Depok, Kediri, Banjarmasin, Balikpapan, Palu, dan Makassar.

Khusus Pemerintah Kabupaten yang juga menandatangani kesepakatan kerjasama jaringan lintas perkotaan, diantaranya Pemkab Bantul, Kotawaringin Timur dan Jayapura.

Tri Rismaharini Walikota Surabaya mengatakan, dalam kerjasama itu, Pemkot Surabaya membagikan ilmunya, dengan memberikan software untuk program-progran pemerintahan yang diperlukan masing-masing daerah. “Kalau perlu Surabaya akan memberikan pelatihan pada daerah-daerah yang membutuhkan pendampingan selama program dari Surabaya diterapkan di daerah mereka,” ujar Risma.

Semua program yang diberikan Pemkot Surabaya pada semua daerah yang bekerjasama itu, tidak dipungut biaya. “Biarkan mereka juga merasakan keuntungan dengan program yang akan diterapkan, sehingga ke depan akan membuat Indonesia jauh lebih baik,” jelas Risma.

Beberapa program yang diberikan gratis pada 14 daerah yang sudah bekerjasama dengan Surabaya, diantaranya program e-budgeting dan pengurusan perijian, juga beberapa program lain yang dibutuhkan.

“Kalau program-program itu berjalan dengan baik, maka akan ada penghematan di masing-masing daerah sehingga anggarannya dapat digunakan untuk kesejahteraan warganya,” papar Risma.

Ditambahkan Risma, kalau daerah yang sudah menerapkan program dari Surabaya bisa berjalan dengan baik, maka beban daerah-daerah itu akan terkurangi, diantaranya jumlah pengangguran dan kemiskinan pasti akan berkurang, karena warganya sudah sejahtera.

Sementara Nur Mahmudi Ismail Walikota Depok yang juga menandatangani kesepakatan mengatakan, dengan kerjasama itu diharapkan untuk mewujudkan sistem pemerintahan yang bersih akan lebih mudah.

Selain itu, dengan adanya kerjasama antar daerah, diharapkan cita-cita Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara untuk menjadikan Indonesia sebagai negara administrasi kelas dunia bisa diterapkan. (tas/fik)

Teks Foto :
– Tri Rismaharini Walikota Surabaya menandatangani kesepakatan kerjasama dengan 14 daerah, di Balai Kota Surabaya, Sabtu (31/5/2014).
Foto : Teguh suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs