Sabtu, 4 April 2020

Umat Hindu di Surabaya, Sabtu Gelar Upacara Melasti

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Wayan Suraba pengurus Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Surabaya, kepada suarasurabaya.net, membenarkan bahwa Sabtu (29/3/2014) sesuai jadwal bakal digelar upacara Melasti sebagai rangkaian Nyepi 2014.

”Sabtu (29/3/2014) besok membuka persembahyangan jelang Nyepi tahun ini, kami akan menggelar upacara Melasti. Sesuai jadwal yang kami terima dari panitia upacara Melasti kami mulai pukul 08.00 wib,” terang Wayan Suraba.

Diawali dengan sembahyang bersama di dalam Pura Agung Jagad Karana, upacara Melasti berlanjut dengan ritual arak-arakan menuju kawasan laut Aru di dalam kompleks AAL Surabaya.

Dipastikan Wayan Suraba, umat Hindu yang datang mengikuti upacara Melasti dengan perarakan itu jumlahnya lebih dari lima ratus orang dan akan berkumpul di Pura Agung Jagad Karana.

“Sebelum melakukan upacara Melasti, umat akan melakukan perarakan dari Pura Agung Jagad Karana menuju kawasan laut Aru di dalam kompleks Akademi Angkatan Laut (AAL),” tambah Wayan Suraba.

Upacara Melasti, merupakan bagian dari persembahyangan Nyepi yang ditandai dengan melakukan pembersihan atau penyucian berbagai peralatan persembahyangan atau disebut pratima disungai, pantai atau laut.

Dan untuk mengamankan perarakan, karena akan terjadi pawai umat Hindu dalam jumlah yang cukup banyak, phak panitia pelaksana Nyepi 2014 sudah berkoordinasi dengan polisi dan instansi terkait.(tok/ipg)

Teks foto:
– Masyarakat Hindu siapkan upacara Melasti
Foto: Totok suarasurabaya.net

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Korban Rumah Roboh di Ketintang

Trailler Tabrak Pembatas Jalan di Tol

Mobil Terbakar di Karah Indah 1

Surabaya
Sabtu, 4 April 2020
27o
Kurs