Rabu, 22 Mei 2024

Walikota Surabaya Tekankan Merger Sekolah

Laporan oleh Restu Indah
Bagikan

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menekankan akan pentingnya merger atau penggabungan sekolah agar manajemennya dapat lebih mudah dan tertata.

“Selain itu, kondisi sekolah dan juga psikologis anak dalam proses belajar, menjadi pertimbangan yang penting dalam melakukan merger sekolah,” kata Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di acara penandatanganan pakta integritas kepala sekolah di Surabaya.

Menurut dia, ketika sekolah-sekolah yang kebanyakan Sekolah Dasar (SD) tersebut belum dibangun menjadi satu bangunan, proses belajar-mengajar berjalan kurang kondusif.

Hal ini, lanjut dia, dikarenakan ada sekolah yang berdekatan di mana ada satu sekolah yang muridnya sedang melaksanakan ulangan harian, sementara sekolah tetangganya justru muridnya sedang berolahraga.

“Kalau seperti itu kan malah jadi berantem. Lalu kita bangun (sekolah) vertikal semua. Manajemen sekolahnya jadi lebih mudah,” tegas Walikota seperti dikutip Antara.

Selain itu, Wali kota juga menjelaskan terkait kebijakan menurunkan kepala sekolah (Kasek) menjadi guru biasa. Dijelaskan wali kota, Pemkot Surabaya tentu tidak serta merta membuat kebijakan menurunkan kepala sekolah menjadi guru biasa jika tidak ada aturan yang dijadikan pegangan.

“Itu kan ada aturannya, saya dapat cerita “back ground” dari Pak Ikhsan (Kepala Dinas Pendidikan Surabaya) aturannya kalau tidak boleh yah tidak boleh,” katanya.

Menurut dia jabatan maksimal kepala sekolah itu delapan tahun. Tidak ada aturan terus menerus, kalau seperti itu malah menyalahi aturan,” ujarnya.

Namun, wali kota menyadari bahwa tidak semua orang bisa menerima dengan mudah keputusan tersebut. Untuk itu, ia merasa perlu memberikan motivasi kepada kepala sekolah yang kini diturunkan menjadi guru biasa.

Menurut dia jabatan hanyalah titipan dari Tuhan, jangan jadikan ini jadi sesuatu yang kalau hilang sepertinya sudah habis. (ant/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Rabu, 22 Mei 2024
28o
Kurs