Sabtu, 18 Mei 2024

Warga Kolong Jembatan Ancol Gelar Upacara Kemerdekaan

Laporan oleh M. Hamim Arifin
Bagikan

Ibu guru kembar pendiri Sekolah Darurat Kartini, Sri Rosyati dan Sri Irianingsih, Minggu (17/8/2014), menggelar upacara memperingati hari kemerdekaan Indonesia ke-69 di halaman Sekolah Darurat Kartini, Pademangan, Jakarta Utara.

Sekolah Darurat Kartini merupakan sekolah gratis yang dikelola oleh dua kakak beradik kembar bernama Sri Rossyati dan Sri Irianingsih. Sekolah ini sudah berdiri selama 22 tahun dan tercatat 6 kali berpindah tempat karena tergusur.

Rosyati mengharapkan dengan upacara ini agar masyarakat miskin di bawah kolong jembatan dapat merasakan semangat dan arti dari hari kemerdekaan Indonesia.

“Peringatan kemerdekaan Indonesia ini diharapkan agar masyarakat miskin yang hidup di bawah kolong jembatan dapat merasakan semangat dan arti Hari Kemerdekaan Indonesia,” kata Sri Rosyati di sela-sela upacara, seperti yang dilansir Antara Minggu (17/8/2014).

Upacara ini merupakan bentuk pembinaan kenegaraan kepada masyarakat agar mereka semakin cinta terhadap Tanah Air.

“Agar masyarakat di sini tahu bahwa mereka mempunyai Pancasila, UUD 45, karena merebut kemerdekaan itu tidak gampang butuh waktu 350 tahun. Dan juga supaya masyarakat tidak terhasut dengan ideologi teroris,” kata Sri irianingsih.

Kemerdekaan Indonesia ke-69 ini menjadi momentum untuk menyampaikan pesan kepada pemerintahan baru, agar memperhatikan masyarakat miskin dalam memperoleh kemerdekaan dalam hal pendidikan secara gratis, layak dan berkualitas.

“Pendidikan gratis bagi anak bangsa tanpa terkecuali, harapan saya semua sekolah negeri menerima mereka, baik mereka kaya atau miskin, pintar atau bodoh. Tidak ada diskriminasi,” ujar Sri Irianingsih.

Selain upacara, Sekolah Darurat Kartini mengadakan perlombaan bersama murid dan warga setempat yakni lomba makan kerupuk, lari kelereng, balap karung dan lomba membuat tumpeng.

Upacara dan perlombaan tersebut diikuti puluhan murid Sekolah Darurat Kartini bersama warga yang bermukim di bawah kolong jembatan Ancol.(ant/nif)

Foto : Ilustrasi

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
30o
Kurs