Senin, 29 April 2024
Kampus Tanpa Rokok

Aksi Rampas Rokok di Ubaya

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Aksi rampas rokok tegaskan Ubaya kampus tanpa rokok. Foto: Totok suarasurabaya.net

Gelar aksi rampas rokok dilakukan sejumlah mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya), Rabu (18/11/2015) menegaskan Ubaya sebagai kampus tanpa rokok.

Dua mahasiswa mengenakan pakaian replika sebatang rokok bersama mahasiswa lainnya yang membawa poster bertuliskan: Give it Up, keliling di sejumlah fakultas untuk melakukan sweeping kepada mahasiswa yang sedang merokok.

Mahasiswa yang kedapatan merokok, oleh para mahasiswa yang menggelar aksi rampas rokok, langsung diminta dan dimatikan lalu dibuang.

Sebagai gantinya, mereka menerima permen serta sebuah selebaran tentang larangan meroko dilingkungan kampus yang sudah diperkuat dengan surat keputusan dari pihak rektorat Ubaya.

Beberapa mahasiswa yang sebelumnya duduk-duduk sambil merokok, terlihat kaget ketika para aktivis anti rokok mendatangi mereka dan langsung meminta roko yang sedang mereka nikmati untuk kemudian dimatikan.

Usai melakukan sweeping rampas rokok, para mahasiswa berkumpul dihalaman Fakultas Bisnis Ekonomi Ubaya untuk melanjutkan aksi membakar replika rokok yang sudah mereka buat sebelumnya.

“Kami berharap mahasiswa mematuhi itu sebagai sebuah kesadaran menjaga lingkungan kampus, sekaligus untuk hidup sehat tanpa rokok. Kami sudah mengeluarkan ketentuan melalui SK Rektor, menegaskan kampus Ubaya sebagai kampus tanpa rokok,” tegas Ir. Hudiyo Firmanto Wakil Rektor Ubaya pada suarasurabaya.net.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs