Rabu, 24 April 2024

Besok Kongres Fatayat akan Dibuka Said Aqil Siradj

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Kongres Fatayat NU secara resmi akan dibuka oleh KH Said Aqil Siradj Ketua Umum PBNU di Gelora Olahraga (GOR) KONI, Sabtu (19/9/2015) besok.

Awalnya kongres sedianya akan dibuka oleh Jusuf Kalla, Wakil Presiden pada hari jumat (18/9/2015) ini, namun dengan alasan yang tak pasti pembukaan kongres dilakukan hari Sabtu besok. Sedangkan untuk hari ini, kongres hanya melakukan proses registrasi di Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

“Pak JK tidak bisa hadir karena alasan kesehatan,” kata Muzainah Zain, Ketua Panitia Pusat kongres pada suarasurabaya.net.

Jusuf Kalla sebenarnya telah memberikan mandat ke Menteri Pemberdayaan Perempuan, sayangnya sang menteri saat ini juga masih berada di luar negeri sehingga pembukaan kongres akan dilakukan oleh KH Said Aqil Sirajd.

Ida Fauziyah, Ketua Umum Pengurus Pusat Fatayat NU mengatakan, kongres ke 15 ini merupakan forum tertinggi untuk menentukan arah kebijakan fatayat periode lima tahun kedepan.

Ada 1700an peserta yang akan hadir dalam kongres kali ini, mereka berasal dari 34 wilayah fatayat atau provinsi, serta dari 430 cabang fatayat.

Selain itu, cabang istimewa dari luar negeri yaitu Hongkong, Taiwan, Malaysia dan Mesir, juga akan hadir dalam kongres kali ini.

Selain pemilihan ketua, kongres juga akan membahas beberapa isu perempuan di antaranya kemiskinan, serta problem kematian ibu dan bayi.

Beberapa menteri juga diundang untuk menjadi pembicara selama berlangsungnya kongres. Menteri yang akan hadir di antaranya adalah Menteri Pemuda dan Olahraga; Menteri Sosial; Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi; serta Menteri Tenaga Kerja. (fik/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
26o
Kurs