Minggu, 26 Mei 2024

Buat Mossaik Garuda Dari Biji-bijian Latih Motorik Anak

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Siswa-siswi SD dan PAUD sekitar kampus UK Petra Surabaya membuat mossaik biji-bijian bertema Garuda Dihatiku. Foto: Totok suarasurabaya.net

Puluhan siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) dan PAUD di sekitar Siwalankerto, tak jauh dari kampus UK Petra Surabaya, Rabu (19/8/2015) bersama-sama mengerjakan mossaik Garuda dari aneka biji-bijian.

Masing-masing anak mengerjakan tugasnya untuk menempel aneka macam biji-bijian mulai dari Jagung, sampai dengan Kacang Hijau pada bidang gambar yang sudah dibuat.

Satu persatu mereka menempelkan biji-bijian itu menggunakan lem. Tidak boleh ada tempelan biji-bijian itu yang keluar dari garis bidang gambar.

Dalam hitungan waktu yang tidak terlalu lama, gambar-gambar tersebut disatukan pada triplek besar, dan hasilnya jadilah gambar burung Garuda yang tidak lain adalah lambang negara Indonesia, yaitu Garuda Pancasila.

Tepuk tangan dan sorak sorai terdengar di sela-sela rampungnya pembuatan mossaik dari aneka biji-bijian yang merupakan bagian dari Petra Parade 2015, tersebut.

“Kami sengaja mengundang siswa-siswi SD dan PAUD. Dan kegiatan ini memang digelar sebagai bagian untuk melatih kinerja motorik anak-anak. Kegiatan ini menjadi sangat menyenangkan, karena anak-anak juga senang,” terang Purnama E.D. Tedjokoesoemo, S.Sn., M.Sc Ketua Petra Parade 2015, Rabu (19/8/2015).

Berbagai kegiatan digelar dalam Petra Parade 2015 kali ini. Tidak hanya ditujukan bagi siswa-siswi SMA, tetapi juga untuk orang tua siswa, serta pelajar dan sekolah-sekolah disekitar kampus Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya.(tok/rst)

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Minggu, 26 Mei 2024
30o
Kurs