Minggu, 5 Mei 2024

Bulan Depan, Sidoarjo Miliki 30 Bus Kota Layani Rute Porong-Bungurasih

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Ilustrasi. Bus Damri.

Bulan depan, Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan Jawa Timur akan mengoperasikan trayek baru bus kota jurusan Surabaya-Porong, Sidoarjo. Trayek baru ini akan dilayani dengan bus AC yang akan dikelola oleh Perum Damri.

“Bulan depan akan mulai beroperasi, busnya sebanyak 30 saat ini sudah ada. Bus ini adalah bantuan dari Kementerian Perhubungan,” kata Wakhid Wahyudi, Kepala Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan Jawa Timur, Selasa (17/3/2015).

Menurut Wakhid, bus ini akan di setting berjarak 10 menit tiap bus sehingga penggunanya tidak membutuhkan waktu tunggu relatif lama untuk menunggu.

Trayek baru ini, kata dia, adalah dari Terminal Porong yang berada di dekat Terminal Baru Porong, lantas menuju ke Candi, lantas Jl Pahlawan Sidoarjo dan masuk ke Tol untuk menuju ke Terminal Bungurasih pulang pergi.

“Trayek ini sengaja tidak melalui kawasan Gedangan untuk menghindari macet dan bertabrakan dengan jalur trayek angkutan kota lainnya,” ujarnya.

Dengan adanya trayek baru ini, Wakhid berharap pada masyarakat Sidoarjo yang hendak ke Surabaya maupun sebaliknya tidak perlu lagi menggunakan kendaraan pribadi.

Sementara itu, saat ini, Kementerian Perhubungan juga sedang mengkaji untuk membuka trayek baru bus kota yang melayani Gresik-Surabaya; dan melayani kawasan Malang Raya.

“Saat ini masih kita kaji. Prinsipnya, daerah perkotaan nantinya akan kita dorong adanya transportasi massal yang lebih baik, bisa dengan bus, atau mungkin dengan kereta,” ujarnya. (fik/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
26o
Kurs