Jumat, 26 April 2024

Daerah Kelola Pelaksanaan UN, Pilihan Terbaik

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan

Harun Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, menegaskan kebijakan pengelolaan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) yang diserahkan Kementerian Pendidikan sepenuhnya kepada masing-masing dinas pendidikan di daerah, adalah keputusan terbaik.

”Berdasarkan catatan pelaksanaan Ujian Nasional tahun sebelumnya, keputusan memberikan sepenuhnya pengelolaan pelaksanaan Ujian Nasional kepada dinas pendidikan di daerah masing-masing adalah keputusan terbaik. Karena daerah memang lebih tahu bagaimana peta pendidikan di masing-masing wilayah,” tegas Harun.

Dengan demikian, lanjut Harun, maka setiap daerah kemudian wajib berupaya dengan sebaik-baiknya bagaimana agar guru dan siswa berjalan seiring untuk dapat melaksanakan UN dengan lancar, sukses dan bermutu.

“Guru dan siswa punya kewajiban dan tanggung jawab besar untuk dapat melaksanakan Ujian Nasional dengan baik,” tambah Harun.

Apakah dengan pengelolaan sepenuhnya oleh daerah nantinya tidak akan muncul kebocoran-kebocoran sehubungan dengan proses pelaksanaan Ujian Nasional itu sendiri?

“Harapan kami, kendala-kendala itu dapat diantisipasi sebelumnya. Sehingga kebocoran tidak harus terjadi,” jawab Harun.

Oleh karena itu, dibutuhkan sinergi atau kerjasama antara berbagai pihak, diantaranya sekolah, guru, siswa serta orang tua siswa, dalam rangka pelaksanaan Ujian Nasional yang pengelolaannya sepenuhnya diserahkan kepada masing-masing daerah tersebut.

Dari jadwal yang ada, Ujian Nasional bakal dilaksanakan pada bulan April 2015 mendatang. “Jadwalnya memang sudah ada. Termasuk pelaksanaan tahapan-tahapan menuju ujian nasional itu sendiri. Untuk Ujian Nasional jadwalnya bulan April 2015 mendatang,” pungkas Harun pada suarasurabaya.net, Kamis (8/1/2015).(tok/ipg)

Teks foto:
– Siswa mengikuti Ujian Nasional.
Foto: Dok. suarasurabaya.net

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
28o
Kurs