Rabu, 29 Mei 2024

Dokumen Milik Osama bin Laden Dibuka untuk Umum

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Pihak berwenang Amerika Serikat mengungkapkan sejumlah dokumen yang menurut mereka ditemukan di tempat Osama bin Laden bersembunyi saat ditembak di sebuah rumah di Abottabad, Pakistan, tahun 2011 lalu.

Operasi khusus yang menewaskan pemimpin al-Qaeda itu menemukan dokumen-dokumen yang disebut sebagai Rak Buku bin Laden.

Selain surat menyurat dalam bahasa Arab, ada beberapa buku Bahasa Inggris antara lain karya Bob Woodward dan Noam Chomsky serta beberapa buku lain tentang teori ekonomi maupun militer.

Ada juga yang berjudul Bahan-bahan tentang Prancis, yang mencakup laporan akademis maupun artikel tentang militer, politik dan ekonomi Prancis.

ODNI Kantor Direktorat Intelijen Nasional mengatakan kajian yang seksama sudah ditempuh sebelum dokumen-dokumen tersebut diumumkan.

Jeffrey Anchukaitis Juru bicara ODNI mengatakan pengungkapan dokumen sejalan dengan seruan Presiden Barack Obama untuk transparansi yang lebih besar. Namun masih banyak lagi dokumen yang belum dibuka kepada masyarakat umum.

“Semua dokumen yang pengungkapannya tidak akan mengganggu operasi atas al-Qaida dan sekutunya akan dibuka,” jelas Anchukaitis seperti dilansir BBC.

Tahun 2012 lalu, beberapa dokumen yang ditemukan dalam operasi perburuan Osama bin Laden itu sudah diungkap oleh lembaga penelitian akademi militer AS, West Point. (bbc/dwi/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Rabu, 29 Mei 2024
32o
Kurs