Jumat, 24 Mei 2024

Fatayat NU Kenalkan Batik Melalui Lomba Fashion

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Seorang model dari PC Fatayat Bojonegoro berjalan diatas catwalk. Foto : Bruriy suarasurabaya.net

Dalam rangka hari ulang tahun ke 65, Fatayat NU menggelar lomba fashion show busana muslimah di aula kantor PWNU Jatim di Jalan Masjid Akbar Surabaya, Minggu (17/5/2015). Lomba yang dilakukan sejak Sabtu kemarin hingga Minggu itu mengambil tema busana pesta batik.

Hikmah Bafaqih Ketua Fatayat NU Jatim mengatakan, yang menjadi peserta lomba seluruhnya ada 38, terdiri dari perwakilan seluruh pengurus cabang Fatayat NU se-Jatim. Mereka harus mengenalkan batik sebagai bahan dasar desain busananya.

“Tiap daerah itu ada corak batik khas, kita ingin itu ditampilkan dalam dunia modelling. Kalau batik itu bisa dijadikan sebagai bahan dasar desain busana,” kata Hikmah Bafaqih, kepada wartawan, Minggu (17/5/2015).

Hikmah Bafaqih menjelaskan, corak batik khas itu ditampilkan dalam fashion show, tujuannya ingin mengenalkan kepada masyarakat. Kalau di Jawa Timur itu mempunyai aneka motif batik, dan tiap daerah itu mempunyai ciri khas sendiri, dan selalu tidak sama.

Apalagi, batik Indonesia itu sekarang sudah dikenal dan diakui dunia. Kalau batik itu merupakan milik budaya masyarakat Indonesia. “Dengan fashion batik ini, semoga batik di Jawa Timur itu makin dikenal masyarakat luas,” ujar dia.

Secara terpisah, Ana Farhasy, desainer muslimah sekaligus seorang juri menilai, kalau dalam fashion batik yang diselenggarakan Fatayat NU ini sangat menarik. Ini karena dalam acara ini mengenalkan batik sebagai bahan dasar untuk ditampilkan.

Tapi, menurut dia, peserta dalam acara ini masih banyak yang tidak mengerti tentang batik dan tidak sesuai dengan tema yang dilombakan. “Banyak peserta yang menampilkan motif batik, tapi mereka tidak menandakan ciri khas batik dari derahnya masing-masing. Seharusnya batik di tiap daerah itu yang ditampilan, untuk dikenalkan kepada masyarakat luas,” kata Ana Farhasy, kepada wartawan.

Dia mengungkapkan dalam lomba ini busana batik pesta, peserta dari PC Fatayat Bojonegoro meraih juara pertama, juara kedua kedua diraih peserta dari Nganjuk dan pemenang ketiga peserta dari Fatayat Bangil. (bry/wak)

Teks Foto : Seorang model dari PC Fatayat Blitar berjalan diatas catwalk
Foto : Bruriy suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Jumat, 24 Mei 2024
28o
Kurs