Senin, 29 April 2024

Fotografer Kuliner Harus Doyan Makan

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Fotografer makanan harus doyan makan kata Adi Wiratno, fotografer makanan yang menjadi pemateri Creative Action 2015 yang digelar Suara Surabaya, Sabtu (28/2/2015). Foto: Wakhid suarasurabaya.net

Seorang fotografer makanan harus doyan makan. Begitulah seloroh expert food photographer yang berbagi pengetahuan dalam Creative Action 2015 Workshop Photography yang digelar Suara Surabaya, di Garden Palace Hotel, Surabaya, Sabtu (28/2/2015).

Adi Wiratno, food fotografer yang juga suami Nunung AW, food stylish, mengatakan, memotret makanan itu perlu kepekaan tersendiri mengenai makanan yang dipotret. “Karena itu, fotografer juga perlu tahu bagaimana taste makanan. Ya harus doyan makan,” katanya kepada peserta.

Karakter makanan adalah sesuatu yang sangat penting diperhatikan oleh seorang fotografer makanan. “Dengan mengetahui karakter makanan, kita jadi tahu mana bagian yang perlu ditonjolkan,” katanya.

Pengambilan makanan dengan angle atas, kata Adi, seringkali menjadi pilihan. “Sebagian besar foto di instagram (dengan objek makanan) menggunakan angle atas. Ada bagusnya juga, tapi kalau semuanya begitu, jadi membosankan,” katanya.

Pengetahuan fotografer tentang teknik fotografi baik dengan menggunakan lighting (pencahayaan) natural maupun artifisial (buatan) juga sangat diperlukan. “Kalau natural, kita lebih banyak terbatas waktu, ya. Cahaya yang baik itu pada saat pagi atau sore,” katanya.

Mengenai peluang, Adi mengatakan bahwa fotografi dewasa ini masih punya banyak peluang. “Karena fotografi itu, mulai dari orang hamil, bayinya lahir, semua momen itu difoto,” katanya.

“Saya sendiri punya mimpi bahwa pekerjaan saya adalah hobi saya,” ujarnya. (den/ipg)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs