Kamis, 25 April 2024

Harga Beras Mulai Stabil

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Harga beras di pasar tradisional mulai stabil berkat operasi pasar (OP) yang digelar pemerintah bersama bulog beberapa waktu lalu.

Pantauan suarasurabaya.net, di pasar beras Bendul Merisi misalnya, harga beras saat ini sudah kembali seperti semula.

“Mulai minggu ini memang sudah turun dan stabil seperti semula,” kata Sudarno, Ketua Paguyuban Pedagang Beras Bendul Merisi, Rabu (15/4/2015).

Menurut dia, beras medium jenis IR 64 saat ini harganya sudah turun dikisaran Rp8.500 perkilogram. Padahal beberapa waktu lalu, beras yang paling diminati masyarakat ini harganya mencapai Rp9 ribu perkilogram.

Turunnya harga beras, kata dia, sebenarnya tidak bergantung sepenuhnya dari operasi pasar melainkan dipengaruhi juga oleh musim dan cuaca.

Saat ini, selain operasi pasar, kebetulan juga musim panen. Apalagi, panen petani juga bagus karena tidak ada hama yang mengganggu sehingga panenpun melimpah dan harga dengan sendirinya mulai turun.

Terpisah, Warno Hari Sasono Kepala Disperindag Jawa Timur membenarkan mulai stabilnya harga beras di pasaran. Bahkan dari data yang dimiliki Disperindag, harga kebutuhan lainnya kini juga terus menurun.

Dari pantauan Disperindag, beberapa harga yang turun diantaranya adalah daging sapi yang saat ini harganya di kisaran Rp94 ribu perkilogram, daging ayam ras Rp26 ribu perkilogram, kemudian daging ayam kampung Rp52.500 perkilogram, telur ayam ras Rp17.500 perkilogram dan telur ayam kampung Rp29.500 perkilogram. “Biasanya, harga akan kembali naik menjelang puasa,” kata Hari. (fik/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs