Jumat, 17 Mei 2024

Hari Kartini, Masih Ada Yang Tidak Paham Makna Kartini

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Beberapa siswa SMKN 1 membagikan bunga dalam rangka hari Martini. Tapi, justru diantaranya ada siswa yang tidak paham makna Martini. Foto : Bruriy suarasurabaya.net

Banyak cara untuk memperingati hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April, mulai menggunakan baju kebaya,sampai berbagi bunga di jalan.

Namun, dari sekian perayaan hari Kartini, masih ada yang tidak paham makna hari Kartini.

“Kami Bagi bunga ini hanya dalam rangka memperingati hari Kartini saja. Makna hari Kartini itu apa ya.. saya gak tahu” kata Mei Indah, salah satu siswi yang berbagi bunga di jalan A Yani Surabaya, saat ditemui suarasurabaya.net.

Sementara Nur Umaya ketua OSIS SMKN 1 Surabaya mengatakan, hari Kartini adalah hari dimmana, seluruh bangsa ini mengingatkan bagaimana emansipasi perjuangan seorang wanita, sampai bisa disejajarkan dengan seorang laki-laki.

“Dimana emansipasinya itu kalau dulu selalu dikekang, dipingit tidak boleh keluar rumah. Kini perempuan harus bisa maju dan berpendidikan sejajar dengan laki-laki,” ujar dia

Kepala Sekolah SMKN 1 Surabaya, Bahrun, tidak menyangkal jika siswinya memang tidak banyak tahu tentang makna hari Kartini.

“Upacara pagi tadi sudah saya gembleng tentang makna hari kartini. Ternyata banyak siswi yang tidak tahu maknanya, karena peringatannya hanya setahun sekali,” kata Bahrun, kepada wartawan. (bry/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
33o
Kurs