Kamis, 2 Mei 2024

Indonesia-Peru Sepakat Kerjasama Pariwisata

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ilustrasi Pariwisata di Peru

Rachmat Gobel Menteri Perdagangan RI dan Magali Silva Menteri Pariwisata dan Perdagangan Internasional Peru sepakat melakukan kerja sama di bidang pariwisata.

Kesepakatan itu dicapai dalam pertemuan bilateral yang berlangsung di sela-sela Pertemuan Menteri Perdagangan (Ministers Responsible for Trade Meeting) APEC 2015.

Kedua menteri sepakat menjalin kerja sama di bidang pariwisata, khususnya perhotelan. Ini sebagaimana dilansir Antara berdasarkan informasi dari pernyataan pers Kementerian Perdagangan RI yang diterima dari Pulau Boracay, Aklan, Filipina, Minggu (24/5/2015).

Menurut Magali Silva, pihaknya ingin menjalin kerja sama dengan Indonesia di bidang pariwisata karena kagum akan keunikan dan kepiawaian pelaku usaha Indonesia dalam mengembangkan industri pariwisata. Khususnya di sektor perhotelan.

Untuk menindaklanjuti hasil pertemuan itu, kedua menteri berencana agar kedua belah pihak kembali mengadakan pertemuan bilateral di Lima, Peru pada Agustus 2015 yang akan datang.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata dan Perdagangan Internasional Peru itu mengatakan bahwa Indonesia berperan penting sebagai pusat distribusi produk-produk Peru di ASEAN.

Oleh karena itu, kata Silva, Pemerintah Peru berharap agar perjanjian perdagangan preferensial (preferential trade agreement) diantara kedua negara dapat segera direalisasikan.

Sementara itu, Rachmat Gobel memanfaatkan ajang Pertemuan Menteri Perdagangan APEC 2015 itu untuk melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah perwakilan negara-negara mitra Indonesia.

Disela-sela acara MRT APEC, Menteri Perdagangan RI melakukan pertemuan dengan beberapa negara mitra penting, antara lain Peru, Tiongkok, Thailand, Rusia, dan Amerika Serikat.

Mendag RI melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah menteri perdagangan atau wakil menteri perdagangan negara mitra untuk menindaklanjuti beberapa isu dan melakukan pendekatan untuk kepentingan perdagangan Indonesia. (den/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
32o
Kurs